Model Pendidikan Market Day di SD Alam Ungaran (Studi tentang Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Siswa Sekolah Dasar)


Noorman Budiawan, 3501407089 (2011) Model Pendidikan Market Day di SD Alam Ungaran (Studi tentang Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Siswa Sekolah Dasar). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pendidikan Market Day di SD Alam Ungaran (Studi tentang Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Siswa Sekolah Dasar)]
Preview
PDF (Model Pendidikan Market Day di SD Alam Ungaran (Studi tentang Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Siswa Sekolah Dasar)) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Perbaikan kualitas sumber daya manusia menjadi dasar utama lahirnya alternatif-alternatif baru dalam dunia pendidikan. Alternatif pendidikan yang sedang berkembang saat ini adalah sekolah alam yang memiliki berbagai program pendidikan unggulan. Salah satu program pendidikan unggulan sekolah alam adalah pendidikan kewirausahaan. Bertolak dari pernyataan tersebut SD Alam Ungaran (SAUNG) menerapkan program pendidikan kewirausahaan untuk menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada siswa melalui model pendidikan market day. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana model pendidikan market day yang dilaksanakan di SD Alam Ungaran?, (2) Bagaimana proses penanaman nilai-nilai kewirausahaan dalam model pendidikan market day di SD Alam Ungaran (SAUNG) ?, (3) Bagaimana hasil penanaman nilai-nilai kewirausahaan melalui model pendidikan market day di SD Alam Ungaran (SAUNG) ?. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan model pendidikan market day di SD Alam Ungaran (SAUNG), (2) Mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai kewirausahaan dalam model pendidikan market day di SD Alam Ungaran (SAUNG), (3) Mengetahui hasil penanaman nilai-nilai kewirausahaan melalui model pendidikan market day di SD Alam Ungaran (SAUNG). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan 17 narasumber sebagai sumber yang diwawancarai. Narasumber ini terdiri dari informan utama diantarannya kepal sekolah, guru dan siswa di SD Alam Ungaran serta informan pendukung yaitu orang tua siswa. Hasil penelitian didapatkan (1) Pembelajaran market day dilaksanakan menjadi dua model pembelajaran yaitu pembelajaran konsep-konsep kewirausahaan di kelas dengan cara mengintegrasikan konsep-konsep kewirausahaan ke seluruh mata pelajaran pada suatu tema pembelajaran tertentu dengan memfokuskan pada karakteristik mata pelajaran yang bersangkutan. Kemudian pembelajaran praktik berjualan dilakukan melalui kegiatan praktek berjulan secara langsung dengan melibatkan seluruh siswa SAUNG yang dilaksanakan secara individu di sekolah dan di luar sekolah. (2) Proses penanaman nilai-nilai kewirausahaan dilakukan dengan mengintegrasikan konsep-konsep kewirausahaan ke dalam mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Agama pada suatu tema pembelajaran tertentu untuk mengembangkan aspek intelektual siswa. Sementara proses penanaman nilai-nilai kewirausahaan selanjutnya dilakukan melalui kegiatan praktek berjulan dengan melibatkan seluruh siswa SAUNG yang dilaksanakan secara individu di sekolah dan berkelompok di luar sekolah. Dalam kegiatan ini siswa dilatih untuk menumbuhkan motif berprestasi, jiwa kepemimpinan, jiwa kreatif dan inovatif, mental pantang menyerah, kerjasama, percaya diri, tanggung jawab, dan nilai religius. Kendala market day yaitu manajemen yang belum tertata rapi, administrasi dan perencanaan program belum berjalan baik serta orang tua yang kurang intensif dalam kegiatan market day. 3) Adapun hasil dari penanaman nilainilai kewirausahaan melalui model pendidikan market day pada siswa di SD Alam Ungaran yaitu siswa memiliki kemampuan berfikir logis, memiliki sikap percaya diri, kerjasama dan nilai religius, jiwa kepemimpinan, keberanian menanggung resiko, kemadirian, tanggung jawab, dan memiliki mental pantang menyerah serta mampu berkreasi dalam kegiatan market day. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pendidikan market day di SD Alam Ungaran didasarkan pada visi dan misi SAUNG yang termuat dalam kurikulum pengembangan diri. Penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada kegiatan market day dilakukan secara konsep di kelas dan praktik berjualan di sekolah dan di luar sekolah. Hasil penanaman nilai-nilai kewirausahaan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa melalui pembentukan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Saran yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, hendaknya membantu memfasilitasi kebutuhan sarana dan prasarana dan mensosialisasikan SAUNG serta sekolahsekolah alternatif lain sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. (2) Bagi pihak yayasan SAUNG, disarankan untuk memperbaiki manajemen dan administrasi kegiatan market day. (3) Bagi orang tua dan masyarakat, diharapkan untuk selalu mendukung dan berperan optimal dalam setiap kegiatan market day.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pendidikan, market day, nilai-nilai kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2011 02:07
Last Modified: 25 Apr 2015 05:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item View Item