JUSTIFIKASI SITUS CANDI DUDUHAN DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI DIPOLE – DIPOLE


Nur Priyantini , 4211413022 (2017) JUSTIFIKASI SITUS CANDI DUDUHAN DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI DIPOLE – DIPOLE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211413022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Candi merupakan peninggalan sejarah yang banyak ditemukan di Indonesia, namun banyak yang terkubur di bawah permukaan akibat bencana alam atau aktivitas gunung berapi. Penemuan candi dapat digunakan untuk mempelajari sejarah kebudayaan pada masa silam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi terkait dengan letak sebaran 3D batuan penyusun situs candi Duduhan. Metode yang digunakan yaitu metode geolistrik konfigurasi dipole – dipole. Pengambilan data dilakukan berdasarkan desain survai dengan luas area 26.400 m2 yang meliputi 9 lintasan. Batuan penyusun Candi Duduhan berdasarkan singkapan, analisis data, dan nilai resistivitas tersusun oleh batuan andesit yang ditemukan pada lintasan keempat. Hasil interpretasi berdasarkan penampang menunjukkan adanya indikasi situs candi dengan panjang 15 meter pada kedalaman 1 – 10 meter menyebar ke arah Tenggara – Barat daya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Andesit, Geolistrik, Situs Candi, Dipole – dipole
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2019 20:15
Last Modified: 22 Apr 2019 20:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32518

Actions (login required)

View Item View Item