ANALISIS GROUND SHEAR STRAIN UNTUK IDENTIFIKASI POTENSI GERAKAN TANAH DENGAN METODE HVSR (HORIZONTAL TO VERTICAL SPECTRAL RATIO) DI TAMAN PURI SARTIKA SEMARANG


Aini Fadlilatin Sakinah , 4211413010 (2017) ANALISIS GROUND SHEAR STRAIN UNTUK IDENTIFIKASI POTENSI GERAKAN TANAH DENGAN METODE HVSR (HORIZONTAL TO VERTICAL SPECTRAL RATIO) DI TAMAN PURI SARTIKA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211413010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tanah, Gempabumi, Ground Shear Strain (GSS). Desa Sukorejo merupakan salah satu daerah di Kota Semarang yang memiliki beberapa titik-titik rawan terjadinya gerakan tanah atau tanah longsor. Kontur tanah di desa tersebut sebagian adalah perbukitan dengan struktur tanah yang labil. Taman Puri Sartika merupakan salah satu daerah yang terletak di Desa Sukorejo. Menurut peta geologi lembar Magelang-Semarang, struktur lapisan tanah Taman Puri Sartika adalah batupasir, batulempung, konglomerat, tufan dan napal. Lapisan batupasir tersebut mudah meneruskan dan menyimpan air, namun batulempung termasuk batuan kedap air, sehingga mudah menyebabkan tanah longsor saat curah hujan tinggi. Penelitian mengenai potensi longsor di daerah tersebut belum ada, sehingga perlu dilakukan penelitian sebagai salah satu upaya mitigasi bencana. Salah satu metode geofisika untuk mengetahui potensi longsor di suatu daerah adalah menghitung nilai ground shear strain dengan metode HVSR. Pengukuran dilakukan menggunakan alat seismometer tiga komponen di 18 titik dengan durasi 30 menit tiap titik. Pengolahan data menggunakan tiga sumber gempa dan belum menunjukkan potensi longsor yang besar karena memiliki nilai dibawah 10-2. Namun beberapa dengan data gempa Yogyakarta nilai ground shear strain mendekati angka 10-2 sehingga titik-titik yang lebih tinggi perlu diwaspadai. Perbandingan nilai ground shear strain dengan ketiga sumber gempa menunjukkan bahwa semakin besar magnitudo dan semakin kecil jarak atau kedalaman episenter, potensi longsor di daerah tersebut akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sukorejo, Horizontal to Vertical Spectral Ratio (HVSR), Gerakan
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2019 20:10
Last Modified: 22 Apr 2019 20:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32517

Actions (login required)

View Item View Item