PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MATEMATIS MAHASISWA FISIKA PADA MATA KULIAH MEKANIKA II


Yusmantoro , 4201413103 (2017) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MATEMATIS MAHASISWA FISIKA PADA MATA KULIAH MEKANIKA II. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413103.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (553kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data rekaman akademik mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNNES diketahui bahwa rerata nilai mata kuliah Mekanika II adalah rendah. Salah satu kendala dalam memahami materi Mekanika II adalah keterampilan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil gaya belajar, tingkat keterampilan matematis, dan tingkat keterampilan matematis berdasarkan gaya belajar dan jenis kelamin serta mengetahui perbedaan keterampilan matematis antar jenis-jenis gaya belajar yang dimiliki oleh mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNNES yang mengambil mata kuliah Mekanika II pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil secara random sebanyak 58 mahasiswa. Terdapat tujuh aspek keterampilan matematis yang diukur dalam penelitian ini. Aspek-aspek tersebut diantaranya kemampuan berpikir, kemampuan argumentasi matematis, kemampuan memodelkan, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan representasi matematis, keterampilan teknis, dan kemampuan komunikasi matematis. Gaya belajar mahasiswa diukur dengan menggunakan instrumen nontes dalam bentuk skala dengan konstrak ortogonal. Sedangkan keterampilan matematis diukur dengan menggunakan instrumen tes berbentuk esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa fisika memiliki gaya belajar visual-kinestetik (20,69%) diikuti dengan mereka yang memiliki gaya belajar visual-auditori (15,52%), visual-auditori-kinestetik (13,79%), kinestetik (13,79%), visual (12,07%), auditori (12,07%), dan auditorikinestetik (12,07%). Keterampilan matematis mahasiswa fisika (96,5%) berada pada kategori kurang sekali, 1,78% tergolong kurang, dan sisanya menempati kategori cukup. Hasil uji ANOVA menunjukkan tidak terdapat perbedaan keterampilan matematis antara gaya belajar visual, auditori, kinestetik, visualauditori, visual-kinestetik, auditori-kinestetik, dan visual-auditori-kinestetik pada mahasiswa fisika Universitas Negeri Semarang yang telah mengambil mata kuliah Mekanika II tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, keterampilan matematis, mekanika
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Apr 2019 16:17
Last Modified: 16 Apr 2019 16:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32500

Actions (login required)

View Item View Item