Pengaruh Pendidikan Perkoperasian, Kreativitas Pengurus dan Motivasi Berkoperasi terhadap Partisipasi Anggota Primer Koperasi Angkatan Darat (PRIMKOPAD) H-21 Secaba Rindam IV/Diponegoro Magelang”.
Aji Rahayu Mayarizki , 7101407091 (2011) Pengaruh Pendidikan Perkoperasian, Kreativitas Pengurus dan Motivasi Berkoperasi terhadap Partisipasi Anggota Primer Koperasi Angkatan Darat (PRIMKOPAD) H-21 Secaba Rindam IV/Diponegoro Magelang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Pendidikan Perkoperasian, Kreativitas Pengurus dan Motivasi Berkoperasi terhadap Partisipasi Anggota Primer Koperasi Angkatan Darat (PRIMKOPAD) H-21 Secaba Rindam IV/Diponegoro Magelang)
- Published Version
Download (43MB) | Preview |
Abstract
Dalam menjalankan usahanya, koperasi tidak bisa lepas dari partisipasi anggota sebagai alat untuk mencapai tujuan koperasi. Partisipasi pada PRIMKOPAD H-21 dinilai masih kurang karena masih banyak anggota yang cenderung memenuhi kebutuhannya bukan melalui koperasi melainkan dari pesaing. Pengurus yang kreatif akan mampu menghasilkan gagasan cemerlang yang dapat diterapkan untuk menarik partisipasi. Selain itu motivasi juga penting agar anggota terdorong untuk berpartisipasi. Permasalahan dalam penelitian ini (1) adakah pengaruh pendidikan perkoperasian terhadap partisipasi anggota (2) adakah pengaruh kreativitas pengurus terhadap partisipasi anggota (3) adakah pengaruh motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota (4) adakah pengaruh pendidikan perkoperasian, kreativitas pengurus dan motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan perkoperasian terhadap partisipasi anggota (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas pengurus terhadap partisipasi (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota (4) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan perkoperasian, kreativitas pengurus, dan motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota. Populasi penelitian sebanyak 163 anggota. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang diambil 60% dari populasi diperoleh 100 anggota. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif dan regresi berganda menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan perkoperasian termasuk dalam kategori kurang baik, kreativitas pengurus termasuk dalam kategori baik,motivasi berkoperasi termasuk dalam kategori baik dan partisipasi anggota termasuk dalam kategori kurang baik. Hasil analisis regresi menunjukkan (1) ada pengaruh pendidikan perkoperasian terhadap partisipasi anggota (2) ada pengaruh kreativitas pengurus terhadap partisipasi anggota (3) ada pengaruh motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota (4) ada pengaruh pendidikan perkoperasian, kreativitas pengurus dan motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota. Disarankan bagi koperasi untuk menambah media informasi perkoperasian serta mengadakan studi banding koperasi, pengurus lebih proaktif memberi solusi masalah kredit anggota, dan menawarkan barang yang sesuai keinginan anggota.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan perkoperasian, kreativitas pengurus, motivasi berkoperasi, partisipasi anggota |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Aug 2011 01:44 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3250 |
Actions (login required)
View Item |