PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI SAINS TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMP PADA TEMA SIKLUS


Midhya Widhyastuti , 4201413097 (2017) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI SAINS TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMP PADA TEMA SIKLUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413097.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (422kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sains membangun pola pikir siswa untuk memahami fenomena alam melalui metode ilmiah. Fokus pendidikan sains yang penting saat ini adalah literasi sains. Berdasarkan PISA tahun 2015, kemampuan literasi sains siswa Indonesia berada di bawah rata-rata skor internasional. Meningkatkan literasi sains melalui pendidikan sains dapat dilakukan dengan mengembangkan kreativitas dalam memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan literasi sains dan pengaruh kemampuan literasi sains terhadap kreativitas siswa pada tema siklus. Kemampuan literasi sains meliputi empat kategori sebagai berikut: sains sebagai batang tubuh, sains sebagai cara berpikir, sains sebagai cara menyelidiki, dan interaksi antara sains, tenologi dan masyarakat. Penilaian kreativitas meliputi aspek fluency, flexibility, originality, synthesis, dan elaboration. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan penguasaan literasi sains berada pada kategori kurang sekali, artinya kemampuan literasi sains siswa masih rendah. Kemampuan literasi sains pada setiap aspek meliputi: sains sebagai batang tubuh berada pada kategori kurang sekali, sains sebagai cara berpikir berada pada kategori kurang sekali, sains sebagai cara menyelidiki berada pada kategori cukup dan interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat berada pada kategori kurang sekali. Hasil penilaian menunjukkan rata-rata kemampuan kreativitas siswa berada pada kategori cukup. Kemampuan kreativitas siswa pada setiap aspek meliputi: fluency berada pada kategori cukup, flexibility berada pada kategori kurang sekali, originality berada pada kategori kurang sekali, synthesis berada pada kategori cukup dan elaboration berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana, literasi sains dan kreativitas memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Kemampuan literasi sains yang diukur meliputi aspek kognitif dan kreativitas dinilai melalui pembuatan proyek. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa masih rendah, namun kreativitasnya sudah mulai muncul. Pembelajaran berbasis proyek yang digunakan dapat membantu siswa untuk memunculkan kreativitas. Wawasan siswa tentang penerapan pengetahuan sains dalam kehidupan sehari-hari perlu ditingkatkan melalui penggunaan bahan ajar yang tepat. Siswa perlu dilatih melakukan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kelancaran berpikirnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan literasi sains, kreativitas, pembelajaran berbasis proyek
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Apr 2019 16:12
Last Modified: 16 Apr 2019 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32499

Actions (login required)

View Item View Item