PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PERPINDAHAN KALOR SECARA RADIASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PENYANDANG TUNARUNGU SMP LB


Fitria Evi Yuliani , 4201413095 (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PERPINDAHAN KALOR SECARA RADIASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PENYANDANG TUNARUNGU SMP LB. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (219kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah hak asasi setiap manusia, semua orang berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Pembelajaran IPA terutama fisika, seharusnya dilaksanaan dengan media untuk memvisualkan konsep. Namun pembelajaran saat ini cenderung menggunakan ceramah dan guru sebagai pusat ilmu. Untuk meningkatkan peran siswa dan meminimalkan peran guru sebagai pusat ilmu, dibutuhkan alat peraga yang bisa digunakan siswa untuk menemukan konsep pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat peraga dan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan bantuan alat peraga yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah penelitian R & D. Tahapan R & D menurut Borg dan Gall terdiri atas: (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk; (4) uji coba awal; (5) revisi produk utama; (6) uji coba lapangan awal; (7) revisi produk akhir; (8) uji lapangan operasional dan implementasi. Desain uji coba yang digunakan adalah single subject research tipe A-B. Uji coba produk ini dilaksanakan di SLB Negeri Kota Magelang pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek uji coba produk pada penelitian ini adalah anak tunarungu kelas VII. Hasil uji kelayakan alat peraga ini diperoleh persentase kelayakan sebesar 91,96% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya adalah uji respon yang dilaksanakan oleh guru kelas VII dan 2 siswa kelas VII diperoleh persentase rata – rata sebesar 89,58% dengan kategori sangat positif. Kemudian dihitung nilai effect size dan didapat nilai effect size sebesar 2,08 dengan kategori tinggi. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh pembelajaran dengan menggunakan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa adalah tinggi. Dari hasil penelitian didapat persentase overlap adalah rendah dan hal tersebut menunjukkan bahwa intervensi berpengaruh baik terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang dikembangkan sangat layak untuk diterapkan pada pembelajaran anak tunarungu serta dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tunarungu, sekolah luar biasa, alat peraga, perpindahan kalor secara radiasi
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Apr 2019 15:58
Last Modified: 16 Apr 2019 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32498

Actions (login required)

View Item View Item