PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM PENGUKURAN BESARAN LISTRIK ARUS SEARAH BERBASIS DISCOVERY LEARNING


Laili Zalafi , 4201413094 (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM PENGUKURAN BESARAN LISTRIK ARUS SEARAH BERBASIS DISCOVERY LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (590kB) | Preview

Abstract

Eksperimen fisika merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menemukan bukti kebenaran dari suatu teori fisika. Praktikum pengukuran besaran listrik arus searah merupakan materi eksperimen fisika yang membutuhkan pemahaman konsep dan analisis yang mendalam. Pemahaman yang rendah terhadap konsep mengakibatkan terjadinya kesulitan dan kesalahan dalam menyusun rangkaian alat praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat dan modul praktikum yang dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Alat praktikum merupakan benda yang digunakan untuk menguji konsep atau materi dalam keadaan nyata. Alat praktikum yang dikembangkan lebih portable, lebih teliti dan lebih efisien waktu. Modul praktikum adalah suatu unit lengkap yang berisi panduan praktikum yang dapat memudahkan mahasiswa dalam membuat kesimpulan dari suatu eksperimen. Metode pembelajaran yang digunakan sebagai dasar dalam pengembangan modul praktikum ini adalah discovery learning. Metode discovery learning merupakan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan mahasiswa untuk mengkaji dan menemukan suatu konsep yang sedang dipelajari. Pengukuran besaran listrik arus searah merupakan materi yang membahas tentang listrik dinamis pada arus searah. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) digunakan dalam penelitian ini. Uji akurasi alat praktikum menghasilkan ketepatan sebesar 96,68% untuk percobaan susunan hambatan seri dan 98,22% untuk susunan hambatan paralel serta ketelitian sebesar 99,52% untuk percobaan hambatan pada kawat penghantar variasi panjang kawat dan 96,91% untuk variasi diameter kawat. Hasil uji kelayakan alat praktikum memperoleh prosentase kelayakan 84,38% dengan kriteria layak. Modul praktikum memperoleh prosentase kelayakan 84,38% dengan kriteria layak. Respon mahasiswa terhadap alat praktikum memperoleh prosentase 86,52% dengan kriteria sangat baik dan modul praktikum memperoleh prosentase 81,50% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil implementasi perangkat praktikum pengukuran besaran listrik arus searah berbasis discovery learning telah didapatkan beberapa penliaian yang meliputi: kemampuan psikomotorik, afektif, dan kognitif. Keterlibatan secara aktif yang dilakukan mahasiswa dalam kegiatan praktikum yang sangat baik, di mana ditunjukkan oleh nilai kemampuan psikomotorik dan afektif telah membantu mahasiswa dalam menemukan suatu konsep. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil uji gain memperoleh nilai 0,45 dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat praktikum, model discovery learning, pengukuran besaran listrik arus searah, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Apr 2019 15:54
Last Modified: 16 Apr 2019 15:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32497

Actions (login required)

View Item View Item