PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TATA SURYA BERBANTUAN AUDIO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TUNANETRA SMP LB KELAS VIII


Tri Widiyaningsih , 4201413092 (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TATA SURYA BERBANTUAN AUDIO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TUNANETRA SMP LB KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413092.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (283kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA khususnya fisika cenderung membutuhkan banyak penalaran dan pemahaman, selain itu untuk menerima materi IPA kebanyakan menuntut peran aktif visual siswa. Hal ini menjadikan tantangan tersendiri bagi siswa tunanetra untuk mempelajari mata pelajaran yang wajib mereka pelajari pada jenjang pendidikan SMP tersebut. Kurangnya metode dan media penunjang pembelajaran sebagai pengganti peran visual mereka tersebut menyebabkan rendahnya motivasi serta hasil belajar siswa tunanetra dalam mempelajari IPA. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini akan dikembangkan alat peraga tata surya dengan bantuan audio yang layak dan baik untuk digunakan dalam pembelajaran sehingga diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa tunanetra. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) versi Borg and Gall, dengan desain uji coba produk menggunakan Single Subject Research (SSR) yang menekankan pada kondisi baseline dan intervensi dalam setiap sesi penelitian. Uji coba produk dilakukan di SLB A Dria Adi Semarang dan SLB N Semarang pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan mengambil subjek uji coba adalah 5 siswa tunanetra kelas VIII. Uji kelayakan alat peraga diperoleh persentase (86,11%) dengan kategori sangat layak. Hasil uji respons praktisi ahli diperoleh persentase (90,18%) dengan kriteria sangat baik. Hasil uji peningkatan hasil belajar diperoleh nilai effect size setiap siswa yaitu sebesar (0,85), (0,59), dan (1,49) dengan kriteria tinggi, sedang dan tinggi. Hal tersebut menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari keadaan baseline ke intervensi. Hasil uji peningkatan motivasi menunjukan terdapat peningkatan, hal ini terlihat dari adanya peningkatan skor angket setiap siswa berturut-turut mencapai persentase sebesar 6,25%, 20,00% dan 6,25%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa alat peraga berbantuan audio yang dikembangkan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa tunanetra.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tunanetra, tata surya, motivasi, hasil belajar, alat peraga, effect size
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Apr 2019 15:51
Last Modified: 16 Apr 2019 15:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32496

Actions (login required)

View Item View Item