PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI KEMAGNETAN


Wawan Susanto , 4201413091 (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI KEMAGNETAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413091.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (341kB) | Preview

Abstract

Keterbatasan ruang dan waktu menjadi kendala dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran. Buku teks Fisika Dasar 2 yang biasa digunakan menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, karena bahan pembelajaran ini memiliki kekurangan dalam visualisasi pada materi kemagnetan yang membutuhkan pemahaman mendalam baik teori maupun prakteknya. Dosen sebagai fasilitator kesulitan menghadirkan media agar materi yang bersifat abstrak mudah dipahami. Berdasarkan pada latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan video pembelajaran materi kemagnetan. Kemagnetan adalah gejala yang abstrak bagi mahasiswa, sehingga perlu dihadirkan media pendukung kepada mahasiwa yaitu sebuah eksperimen dan penjelasan konsep yang dikombinasikan dalam sebuah video yang memuat informasi verbal dan visual. Video pembelajaran adalah media penyaluran pesan dengan memanfaatkan indera pendengaran dan penglihatan dalam penyampaian suatu bahan pembelajaran. Video sebagai media audio-visual memiliki efektifitas lebih tinggi dari pada media visual atau audio. Prosedur penelitian ini meliputi : (1) research and information collecting (penelitian dan pengumpulan informasi), (2) planing (perencanaan), (3) develop preliminary form of product (pengembangan produk awal), (4) prelimenary field testing (uji coba awal), (5) main product revision (revisi produk utama), (6) operational field testing (uji lapangan operasional), (7) final product revision (revisi produk akhir). Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket kelayakan berbentuk skala Likert yang terdiri dari angket validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon mahasiswa terhadap video pembelajaran materi kemagnetan. Rata-rata hasil validasi oleh ahli materi mencapai 89,58% dan 77,08% . Sementara rata-rata hasil validasi pakar media mencapai 78,13% dan 87,50%, serta angket respon mahasiswa memiliki presentasi 85,83%, 88,73%, dan 87,50%. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa video pembelajaran materi kemagnetan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Karakteristik video pembelajaran materi kemagnetan berdasarkan segi media meliputi: Maintenable, usabilitas, kompatibilitas, Reusable, ilustrasi bagus, audio yang baik, komunikatif, dan visualisasi baik. Berdasarkan segi materi meliputi: sesuai dengan tema kemagnetan, akurat, mutakhir, dan Output materi yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, video pembelajaran, kemagnetan
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Apr 2019 15:47
Last Modified: 16 Apr 2019 15:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32495

Actions (login required)

View Item View Item