EKSPLORASI PENDAYAGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH GURU FISIKA TINGKAT MENENGAH ATAS DI KABUPATEN DEMAK


Nunung Nurwahidin , 4201413090 (2017) EKSPLORASI PENDAYAGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH GURU FISIKA TINGKAT MENENGAH ATAS DI KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (621kB) | Preview

Abstract

Terdapat korelasi yang positif antara keterampilan TIK guru dengan pengunaan TIK dalam pembelajaran. Penelitian menunjukan adanya korelasi positif dan signifikan antara keterampilan penggunaan perangkat TIK guru fisika dan rerata skor ujuian Nasional mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksplorasi pendayagunaan media pembelajaran fisika berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh guru fisika tingkat sekolah menengah atas di Kabupaten Demak. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang mendorong pendayagunaan media pembelajaran fisika berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh guru fisika di Kabupaten Demak serta kendalanya. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kualitatif berjenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukakan menggunakan variasai metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Lokasi penelitian adalah di SMAN 3 Demak dan MAN Demak dengan subjek penelitian 2 orang guru fisika dan 6 orang siswa yang dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan ketersedian perangkat TIK di Kabupaten Demak cukup. Ketersediaan LCD proyektor dan jaringan wifi menjadi perangkat utama yang belum terpenuhi. Guru-guru fisika di Kabupaten Demak memiliki keterampilan dasar dalam menggunakan TIK yaitu menghidupkan dan mengoperasikan laptop, menghidupkan dan mengoperasikan LCD proyektor, serta menggunakan media pembelajaran fisika berupa slide PPT. Selain itu guru-guru fisika di Kabupaten Demak telah menyadari manfaat penggunaan media berbasis TIK untuk visualisai dan simulasi materi fisika seperti gelombang, fluida dan model atom. Kendala dalam penggunaan media pemebelajaran fisika yang paling utama adala listrik yang kurang memenuhi, efisiensi waktu dalam menyiapkan pembelajaran fisika dan ketersediaan fasilitas TIK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran fisika, Teknologi Informasi dan Komunikasi
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Apr 2019 15:43
Last Modified: 16 Apr 2019 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32494

Actions (login required)

View Item View Item