Penerapan LKS Berbasis STEM pada Pembelajaran IPA Terpadu di SMP


Riza Lantika Rahmadhani , 4201413079 (2017) Penerapan LKS Berbasis STEM pada Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (238kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu dalam proses pembelajaran kurikulum 2013. Salah satu media yang dapat digunakan adalah lembar kerja siswa (LKS). LKS yang digunakan di sekolah berupa worksheet yang berasal dari buku paket, yang pada kenyataannya siswa lebih fokus untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang tersedia di dalam LKS. Hal ini menyebabkan siswa kurang memahami konsep secara menyeluruh. Oleh karena itu, diperlukan adanya lembar kerja siswa yang dapat mendukung aktivitas siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa antara menggunakan LKS berbasis STEM dan LKS konvensional pada materi pemanasan global. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Brebes. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental jenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII. Sampel dalam penelitian ini yaitu VII C sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara purposive sampling. Data penelitian tentang pemahaman konsep siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes, sedangkan data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa antara menggunakan LKS berbasis STEM dan LKS konvensional. Perbedaan pemahaman konsep siswa dapat diketahui dari hasil N-gain yang menunjukkan nilai 0,71 (kategori tinggi) pada siswa yang menggunakan LKS berbasis STEM dan nilai 0,56 (kategori sedang) pada siswa yang menggunakan LKS konvensional. Motivasi belajar siswa juga dapat diketahui dari hasil N-gain yang menunjukkan nilai 0,32 (kategori sedang) pada siswa yang menggunakan LKS berbasis STEM dan nilai 0,18 (kriteria rendah) pada siswa yang menggunakan LKS konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, STEM, konvensional.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Apr 2019 13:42
Last Modified: 16 Apr 2019 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32492

Actions (login required)

View Item View Item