IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL


Dyah Ratna Yuliatiani , 4201413075 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (477kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan mengembangkan keterampilan interpersonal siswa kelas VII SMPN 1 Gabus. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dalam pendidikan. Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan pola pretest-posttest design yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi model pembelajaran problem based learning berpendekatan kontekstual sedangkan kelas kontrol diberi model pembelajaran cooperative learning. Data hasil pemahaman konsep diperoleh dari lembar evaluasi berupa soal pilihan ganda, sedangkan hasil keterampilan interpersonal diperoleh dari lembar observasi. Analisis uji t pihak kanan digunakan untuk menentukan signifikasi perbedaan nilai rata-rata pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta uji gain digunakan untuk menentukan peningkatan data hasil tes pemahaman konsep dan hasil observasi keterampilan interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen pada kriteria sedang dengan faktor gain 0,69 dan kelas kontrol pada kriteria sedang dengan faktor gain 0,60. Ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 100% dan kelas kontrol sebesar 83,87%. Hasil uji t pihak kanan menunjukkan bahwa nilai Sig(2-tailed) = 0,017 dan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Kontekstual; Pemahaman Konsep; Keterampilan Interpersonal
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Apr 2019 19:57
Last Modified: 15 Apr 2019 19:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32491

Actions (login required)

View Item View Item