ALAT PERAGA RANGKAIAN LISTRIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU SMPLB KELAS IX


Annisah Nur Aini , 4201413073 (2017) ALAT PERAGA RANGKAIAN LISTRIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU SMPLB KELAS IX. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (365kB) | Preview

Abstract

Pendidikan tidak terlepas dari kehidupan manusia. Setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan, tidak terkecuali siswa tunarungu. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa tunarungu di sekolah. Pembelajaran IPA khususnya fisika membutuhkan pembelajaran dengan memberikan pengalaman secara langsung. Akan tetapi, pembelajaran IPA yang diterapkan pada siswa tunarungu masih cenderung bersifat ceramah. Hal ini berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Maka dari itu untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal diperlukan adanya suatu media pembelajaran seperti alat peraga yang sesuai dengan karakteristik siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pengembangan alat peraga rangkaian listrik, mengetahui kelayakan, mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R & D, uji coba produk menggunakan metode single subject dengan desain reversal A-B. Tahapan R & D terdiri atas 3D dari Four D Model (4D) meliputi: (1) Define (definisi); (2) Design (desain) dan (3) Develop (pengembangan). Uji coba produk dilakukan di SLB Marsudi Putra 1 Bantul, SLB N Banjarnegara, dan SMPLB YPAB Baramas Banjarnegara pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek uji coba produk adalah siswa tunarungu kelas IX sebanyak 4 siswa. Uji kelayakan produk diperoleh persentase (87,37%) dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan oleh siswa dan guru masing-masing diperoleh persentase (88,61%) dan (93,75%) dengan kategori sangat praktis. Hasil uji peningkatan hasil belajar diperoleh effect size masingmsaing siswa sebesar (2,60); (2,67) dan (1,86) dengan kategori Tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan alat peraga yang dikembangkan sangat layak, praktis dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tunarungu, sekolah luar biasa, alat peraga.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Apr 2019 19:53
Last Modified: 15 Apr 2019 19:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32490

Actions (login required)

View Item View Item