PEMBELAJARAN REFLEKTIF BERBASIS JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK HARMONIS SEDERHANA


Layung Fitria Febriani , 4201413064 (2017) PEMBELAJARAN REFLEKTIF BERBASIS JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK HARMONIS SEDERHANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (237kB) | Preview

Abstract

Metakognisi merupakan kesadaran berpikir tingkat tinggi yang melibatkan kontrol aktif dalam memecahkan suatu masalah, oleh karena itu penting dikuasai siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika SMA N 1 Rembang, pembelajaran belum mengoptimalkan keterampilan metakognisi siswa. Hal tersebut berimplikasi pada nilai fisika siswa yang rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan metakognisi adalah pembelajaran reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan metakognisi dan pemahaman konsep Gerak Harmonis Sederhana melalui pembelajaran reflektif berbasis jurnal belajar dibandingkan pembelajaran reflektif tanpa jurnal belajar, serta untuk mengetahui hubungan antara keterampilan metakognisi dan pemahaman konsep siswa. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan pola Pretest- Postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA N 1 Rembang yang berjumlah 148 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive samplingdan diperoleh sampel sebanyak 74 siswa, yaitu kelas X MIPA 1 (37 siswa) sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 (37 siswa) sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran reflektif,angketdan jurnal belajar untuk mengetahui keterampilan metakognisi siswa,Tes untuk mengetahui pemahaman konsep siswa, serta dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai <g>peningkatan keterampilan metakognisi pada kelas eksperimen adalah 0,32 dengan kriteria sedang dan pada kelas kontrol adalah 0,06 dengan kriteria rendah. Nilai <g> peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen adalah 0,68 dengan kriteria sedang dan pada kelas kontrol adalah 0,63 dengan kriteria sedang. Uji korelasi antara keterampilan metakognisi dan pemahaman konsep siswa menghasilkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,772 dengan kriteria kuat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognisi dan pemahaman konsep siswa, sebab siswa yang memiliki keterampilan metakognisi dapat memonitor kemajuan yang telah dicapai dan digunakan untuk mengontrol aktivitas kognitif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Reflektif, Jurnal Belajar, Keterampilan Metakognisi, dan Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Apr 2019 19:43
Last Modified: 15 Apr 2019 19:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32488

Actions (login required)

View Item View Item