IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS


Erni Aristianti , 4201413059 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (498kB) | Preview

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 menganjurkan pembelajaran dilakukan secara inkuiri. Pelaksanaan model pembelajaran inkuiri belum berjalan dengan baik. Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru sehingga menyebabkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah siswa SMA pada materi fluida dinamis, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental jenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Kudus. Sampel ditentukan secara purposive. Metode tes, observasi, dan angket digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah siswa SMA. Pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 62,74% sedangkan pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan komunikasi ilmiah siswa sebesar 86,73%. Respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing sangat baik yakni sebesar 81,15.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Pemecahan Masalah, Komunikasi Ilmiah
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Apr 2019 19:34
Last Modified: 15 Apr 2019 19:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32487

Actions (login required)

View Item View Item