PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA


Aeniah , 4201413058 (2017) PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413058.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (507kB) | Preview

Abstract

Penalaran dan pemahaman konsep fisika sebagai modal utama untuk memahami fisika secara luas. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya penalaran dan pemahaman konsep adalah pembelajaran yang dibawakan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran dan pemahamanan konsep fisika siswa setelah pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan perbedaan penalaran dan pemahaman konsep setelah pembelajaran SFAE berbantuan alat peraga sederhana dengan pembelajaran SFAE tanpa dibantu alat peraga sederhana. Desain penelitian ini adalah true experimental dengan bentuk pretest – posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 1 Kadugede tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan alat peraga sederhana dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan pembelajaran Student Facilitator and Explaining tanpa dibantu alat peraga sederhana. Untuk menilai tingkat keterlaksanaan pembelajaran di kelas digunakan lembar observasi, sedangkan untuk mengetahui kemampuan penalaran dan pemahaman konsep fisika siswa digunakan tes. Peningkatan penalaran dan pemahaman konsep dihitung dengan uji gain, dan perbedaan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen dihitung dengan uji t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Setelah pembelajaran Student Facilitator and Explaining penalaran dan pemahaman konsep fisika siswa meningkat. Di kelas eksperimen yang berbantuan alat peraga sederhana peningkatan termasuk kategori tinggi sedangkan di kelas kontrol yang tidak berbantuan alat peraga sederhana peningkatan termasuk kategori sedang. Berdasarkan perbandingan pengingkatan dan uji t menunjukkan bahwa pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan alat peraga sederhana lebih baik dari pembelajaran Student Facilitator and Explaining tanpa dibantu alat peraga sederhana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator and Explaining, Alat Peraga Sederhana, Penalaran, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Apr 2019 19:30
Last Modified: 15 Apr 2019 19:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32486

Actions (login required)

View Item View Item