ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL MATERI BUNYI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 WATUMALANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Erwintiyati , 4201413056 (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL MATERI BUNYI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 WATUMALANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (499kB) | Preview |
Abstract
Kesulitan belajar siswa pada setiap pokok bahasan dalam mata pelajaran IPA, khususnya fisika perlu diketahui guna menciptakan metode mengajar yang tepat. Jenis kesulitan belajar yang banyak siswa alami dapat ditunjukkan melalui kemampuan siswa dalam mengerjakan dan menjawab soal yang disesuaikan dengan kompetensi dasar serta indikator dalam setiap pokok bahasan dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, faktor-faktor penyebab, dan prediksi upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mengerjakan soal-soal materi bunyi kelas VIII. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Watumalang Kabupaten Wonososbo. Subjek penelitian adalah kelas VIII A, VIII B, dan VIIIC yang berjumlah 60 siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tertulis yang terdiri dari 24 soal uraian, angket terdiri atas 35 pernyataan, serta wawancara yang digunakan untuk mengetahui lebih dalam faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa jenis kesulitan yang paling dominan adalah kesulitan perhitungan sebesar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar, mengerjakan soal, bunyi |
Subjects: | L Education > Special Education > Physical Education Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 19:23 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 19:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32485 |
Actions (login required)
View Item |