Pengaruh Diagram Vee pada Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP


Rifda Ayu Riasti , 4201413055 (2017) Pengaruh Diagram Vee pada Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413055.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (385kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran teacher centered yang diterapkan guru pada pembelajaran IPA membuat siswa cenderung bosan dan tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga hasil belajar menurun. Model pembelajaran yang beragam perlu diterapkan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa agar hasil belajar meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Team Assisted Individualization dengan bantuan Diagram Vee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Diagram Vee pada model pembelajaran Team Assisted Individualization dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis non equivalent control group pretest-posttest dengan sampel yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang. Sampel yang didapat adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Motivasi dan hasil belajar didapatkan dari pretest dan post test. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan ditandai dengan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization, Diagram Vee, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Apr 2019 19:16
Last Modified: 15 Apr 2019 19:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32484

Actions (login required)

View Item View Item