PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS I-SETS (ISLAMIC, SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) TERINTEGRASI KARAKTER MATERI HUKUM PASCAL DAN ARCHIMEDES


Atika Indri Wahyuni, 4201413053 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS I-SETS (ISLAMIC, SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) TERINTEGRASI KARAKTER MATERI HUKUM PASCAL DAN ARCHIMEDES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (570kB) | Preview

Abstract

Madrasah Aliyah (MA) merupakan satuan pendidikan dengan kekhasan agama islam pada jenjang sekolah menengah. Akan tetapi, masih dijumpai MA yang belum bisa mengoptimalkan nilai-nilai islam dalam setiap pembelajaran terutama fisika, seperti pada MA Al Asror Semarang. Salah satu penyebabnya adalah bahan ajar yang digunakan sebagian besar lebih menekankan pada uraian materi daripada aplikasi dan tidak mengaitkannya dalam nilai-nilai islam. Bahan ajar fisika berbasis I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) merupakan salah satu bahan ajar yang mengaitkan nilai islam, sains, teknologi, lingkungan, dan masyarakat dalam satu kesatuan, sehingga dapat dijadikan solusi. Karakter juga dapat diintegrasikan dalam bahan ajar fisika berbasis I-SETS, agar program Kemendikbud mengenai pencanangan pendidikan karakter dapat terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis I-SETS terintegrasi karakter, mengetahui tingkat kelayakan dan keterbacaannya, serta mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan perkembangan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development dengan bentuk One Group Pretest and Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA A MA Al Asror. Prosedur penelitian meliputi: pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, dan tahap uji coba lapangan awal. Bahan ajar diuji kelayakannya dengan menggunakan angket serta uji keterbacaan menggunakan tes rumpang. Data hasil belajar kognitif siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Data perkembangan karakter siswa diperoleh melalui angket karakter dan observasi langsung. Hasil uji kelayakan yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, dan bahasa, sebesar 86,73% menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis I-SETS terintegrasi karakter sangat layak digunakan. Hasil uji keterbacaan mencapai persentase 94,62% menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis I-SETS mudah dipahami. Berdasarkan uji coba skala besar, bahan ajar fisika berbasis I-SETS terintegrasi karakter dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa yang ditandai meningkatnya nilai pretest ke posttest. Bahan ajar fisika berbasis I-SETS terintegrasi karakter juga mampu meningkatkan perkembangan karakter religius, disiplin, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bahan ajar, I-SETS, karakter.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Apr 2019 19:13
Last Modified: 15 Apr 2019 19:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32483

Actions (login required)

View Item View Item