Analisis Item Soal Pilihan Ganda Kelas XI IPS Semester Ganjil Mata Pelajaran Sosiologi Tahun Pelajaran 2010/2011 MAN Demak Berdasarkan Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda
Muhammad Nur Huda , 3501406060 (2011) Analisis Item Soal Pilihan Ganda Kelas XI IPS Semester Ganjil Mata Pelajaran Sosiologi Tahun Pelajaran 2010/2011 MAN Demak Berdasarkan Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Analisis Item Soal Pilihan Ganda Kelas XI IPS Semester Ganjil Mata Pelajaran Sosiologi Tahun Pelajaran 2010/2011 MAN Demak Berdasarkan Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penyelenggaraan pembelajaran sosiologi di sekolah dituntut untuk dapat menghasilkan peserta didik yang sesuai dengan tujuan pembelajaran sosiologi yang baik dan benar. Banyak kecendrungan seseorang untuk beranggapan bahwa hasil karyanya adalah yang terbaik atau setidak- tidaknya sudah cukup baik. Rendahnya kualitas soal dikarenakan kurang optimalnya guru dalam meningkatkan kualitas soal terutama soal pilihan ganda sebagai tes, sehingga diperlukan analisis terhadap soal tersebut yaitu dengan tingkat kesukaran dan daya pembeda. Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan tingkat kesukaran setiap item soal pilihan ganda semester ganjil mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS tahun pelajaran 2010/2011 yang digunakan oleh guru sosiologi MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Demak. (2) mendiskripsikan daya pembeda setiap item soal pilihan ganda semester ganjil mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS tahun pelajaran 2010/2011 yang digunakan oleh guru sosiologi MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Demak. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di MAN Demak yang berjumlah 156 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling atau teknik acak. Randomisasi menghasilkan sampel yang mempunyai keserupaan dengan populasi karena sampel yang ditarik secara acak mengambil sampel dari berbagai karakter anggota populasi dengan jumlah sampel 39 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan intrumen penelitian yang dikembangkan peneliti. Instrumen penelitian ini meliputi: soal-soal semester ganjil mata pelajaran sosiologi. Data penelitian dianalisis menggunakan validitas, reliabilitas tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis tingkat kesukaran yang telah dilakukan terhadap 50 soal, tes sumatif pada kelas XI terdapat 7 (14%) soal kategori mudah, 20 (40%)kategori sedang, dan 23 (46%) kategori sukar. Data tersebut menunjukan soal tersebut tergolong dalam kategori sukar. Tingkat kesukaran tidak menunjukan data itu baik atau tidak baik. Tingkat kesukaran soal berfungsi untuk menunjukan soal bahwa butir soal itu sukar atau mudah untuk peserta tes tertentu. (2) Dari perhitungan daya pembeda, dapat diketahui bahwa dari 50 soal yang dianalisis, terhadap tes pilihan ganda pada kelas XI terdapat 41 (82%) soal kategori jelek, 7 (14%) kategori cukup, dan 2 (4%) soal kategori baik. Data tersebut menunjukan bahwa 50 soal tersebut tergolong dalam kategori jelek, artinya soal pilihan ganda yang dibuat oleh guru masih perlu ditingkatkan kualitasnya. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Guru di dalam membuat soal diharapkan selalu mengevaluasi soal yang telah dibuatnya sehingga kualitas soal dapat ditingkatkan.(2) Kepala sekolah diharapkan lebih memberikan kesempatan pelatihan kepada guru dalam kegiatan pendidikan, terutama teknik pembuatan soal yang berkualitas sehingga kompetensi guru sebagai tenaga profesional dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis soal pilihan ganda, tingkat kesukaran, daya pembeda |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Aug 2011 01:29 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3248 |
Actions (login required)
View Item |