ANALISIS KONSEPSI GERAK HARMONIK SEDERHANA PADA SISWA KELAS X SMA DENGAN MENGGUNAKAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX)


Galuh Maharani , 4201413031 (2017) ANALISIS KONSEPSI GERAK HARMONIK SEDERHANA PADA SISWA KELAS X SMA DENGAN MENGGUNAKAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (735kB) | Preview

Abstract

Topik gerak harmonik sederhana merupakan salah satu materi pelajaran fisika kelas X Sekolah Menengah Atas. Dalam memahami konsep-konsep tersebut, setiap siswa memiliki konsepsi yang mungkin berbeda dengan konsepsi siswa lain maupun konsepsi para pakar. Perbedaan konsepsi siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsepsi yang dimiliki siswa serta faktor penyebab pembentuk konsepsi tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kombinasi dengan desain explanatory sequential mixed method design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X IPA 1. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan alasan terbuka yang dikombinasikan dengan CRI (Certainty of Response Index). Penilaian terhadap pemahaman siswa mengacu kategori pemahaman konsep oleh Hakim, yang terdiri atas paham konsep, kurang paham, tidak paham konsep, dan miskonsepsi. Pada tahap awal dilakukan tes tertulis yang bertujuan memunculkan konsepsi siswa dan pengisian angket untuk mengetahui faktor penyebab konsepsi siswa. Dari 35 responden yang diambil datanya saat tahap awal, 17 siswa terpilih menjadi responden wawancara. Tahap wawancara dilakukan untuk mengklarifikasi jawaban tertulis siswa dan untuk mengungkap lebih mendalam konsepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa pada materi getaran harmonik sederhana yang tergolong rendah, yakni 28,82% paham konsep, 6,32% kurang paham konsep, 31,62% tidak paham konsep, dan 33,24% mengalami miskonsepsi. Kemunculan konsepsi yang bervariasi ini paling banyak dipengaruhi oleh intuisi kehidupan sehari-hari, serta faktor lain seperti buku teks, pengetahuan sebagai struktur teoritis, pembelajaran, pengetahuan sebagai serpihan yang terpisah-pisah, pemahaman kurang mendalam dan apresiasi konseptual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konsepsi, getaran harmonik sederhana, CRI.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2019 20:25
Last Modified: 12 Apr 2019 20:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32479

Actions (login required)

View Item View Item