ANALISIS KONTEN BUKU TEKS PELAJARAN FISIKA KELAS XI KURIKULUM 2013 PADA POKOK MATERI FLUIDA DINAMIS


Maghfirotul Fitriyah , 4201413028 (2017) ANALISIS KONTEN BUKU TEKS PELAJARAN FISIKA KELAS XI KURIKULUM 2013 PADA POKOK MATERI FLUIDA DINAMIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (755kB) | Preview

Abstract

Buku teks memiliki peranan penting dalam pembelajaran. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh PISA dan TIMMS, kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya literasi sains tersebut adalah buku teks yang digunakan sebagai sumber belajar. Permasalahan lain dalam dunia pendidikan saat ini adalah pergeseran perilaku dan norma peserta didik. Buku teks yang memuat pendidikan karakter menjadi salah satu upaya mengimplementasikan pendidikan karakter tanpa harus menambah mata pelajaran secara khusus. Masalah di atas mendasari penelitian ini yang bertujuan untuk mengungkap : (1) karakteristik konten literasi sains buku teks fisika SMA kelas XI kurikulum 2013 dan (2) karakteristik konten nilai karakter buku teks fisika SMA kelas XI kurikulum 2013. Penelitian dilakukan dengan metode analisis konten dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Subyek penelitian adalah dua buku teks pelajaran fisika SMA kelas XI pada materi fluida dinamis yang mengacu pada kurikulum 2013, telah lolos seleksi BSNP, dan banyak digunakan sebagai sumber belajar utama di wilayah kabupaten Rembang. Aspek muatan literasi sains dianalisis berdasarkan ketentuan PISA, yaitu aspek konteks, pengetahuan, kompetensi, dan sikap. Sedangkan muatan nilai penanaman karakter diadaptasi dari nilai karakter konservasi UNNES, yaitu nilai religius, jujur, cerdas, adil, tanggung jawab, peduli, toleransi, demokratis, cinta tanah air, sopan, dan tangguh. Analisis konten ini melibatkan tiga orang pengamat independen dengan menggunakan lembar observasi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan literasi sains kedua buku masih didominasi aspek tertentu. Aspek yang paling menonjol adalah aspek kompetensi sains yaitu sebesar 42,27% pada buku A dan 44,78% pada buku B. Sedangkan nilai penanaman karakter sebagian besar muncul pada kedua buku teks yang dianalisis dalam bentuk implisit dan eksplisit serta disusun dalam format integrasi teks yang beragam. Nilai tanggung jawab merupakan nilai karakter yang paling sering muncul dalam buku A yaitu sebesar 22,86%, sedangkan nilai karakter cerdas merupakan nilai karakter yang paling sering muncul dalam buku B yaitu sebesar 25,44%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa karakteristik konten buku teks Fisika SMA kelas XI Kurikulum 2013 yang dianalisis, memiliki: (1) muatan literasi sains yang didominasi salah satu aspek, yaitu aspek kompetensi sains dan (2) muatan nilai penanaman karakter dalam pilar konservasi yang sebagian besar sudah muncul pada kedua buku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis konten, Buku teks fisika, Fluida dinamis
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2019 20:20
Last Modified: 12 Apr 2019 20:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32477

Actions (login required)

View Item View Item