IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP


Ismira Wahyu Lestari Lewa , 4201413012 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada kemampuan pemecahan masalah fisika dan kemampuan komunikasi siswa Sekolah Menengah Pertama. Pengambilan sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Desain dalam penelitian ini adalah quasy experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Sampel diambil menggunakan purposive sampling pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kudus tahun ajaran 2016/2017 dengan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran ceramah. Kemampuan pemecahan masalah meliputi kemampuan merumuskan masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan meninjau kembali hasil. Sedangkan kemampuan komunikasi yang diteliti meliputi kemampuan komunikasi lisan dan tulisan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa hubungan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan pemecahan fisika adalah sebesar 0,54 dengan besar pengaruh 30%. Hubungan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kemampuan komunikasi ditunjukkan dengan angka korelasi biserial sebesar 0,35 dengan angka pengaruh sebesar 12,75%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2019 19:41
Last Modified: 12 Apr 2019 19:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32469

Actions (login required)

View Item View Item