ANALISIS PEMAHAMAN DIAGRAM DAN GRAFIK MATERI FISIKA PADA SISWA SMA


Dyah Listiana , 4201413010 (2017) ANALISIS PEMAHAMAN DIAGRAM DAN GRAFIK MATERI FISIKA PADA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman diagram dan grafik pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian diambil dua sekolah yaitu SMA negeri dan SMA swasta di Kecamatan Bumiayu. Aspek pemahaman meliputi: aspek translasi, aspek interpretasi dan aspek ekstrapolasi/intrapolasi. Pemahaman siswa dikategorikan menjadi tiga yaitu kategori I (kategori tinggi), kategori II (kategori sedang), dan kategori III (kategori rendah). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman diagram siswa di SMA Negeri meliputi: kategori I (5,80 %), kategori II (37,68 %), kategori III (56,52 %). Sedangkan di SMA Swasta meliputi: kategori I (0 %), kategori II (40 %), kategori III (60 %). Pemahaman grafik di SMA Negeri meliputi: kategori I (13,04 %), kategori II (60,87 %), kategori III (26,09 %). Sedangkan di SMA Swasta meliputi: kategori I (10 %), kategori II (56,67 %), kategori III (33,33 %). Faktor-faktor yang berpengaruh adalah faktor internal dan faktor eksternal. ix ABSTRACT

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman diagram, pemahaman grafik, diagram, grafik.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2019 19:32
Last Modified: 12 Apr 2019 19:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32468

Actions (login required)

View Item View Item