TELAAH KELAYAKAN ISI DAN BAHASA DALAM BUKU BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII EDISI KURIKULUM 2013 REVISI TERBITAN YUDHISTIRA


Mardiana P , 2101411156 (2018) TELAAH KELAYAKAN ISI DAN BAHASA DALAM BUKU BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII EDISI KURIKULUM 2013 REVISI TERBITAN YUDHISTIRA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411156.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs, buku teks dapat menjadi pegangan guru dan siswa, yaitu sebagai referensi utama atau menjadi buku suplemen atau tambahan. Guru menggunakan buku terbitan Kemendikbud sebagai referensi utama dan buku dari penerbit lain sebagai buku tambahan. Buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit lepas itu belum tentu memenuhi standar buku teks yang baik baik dari segi isi maupun bahasanya. Standar ini ditentukan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Analisis kelayakan buku teks yaitu berdasarkan kelayakan isi dan kelayakan bahasa. Penilaian kelayakan isi mencakup substansi atau materi yang terdapat dalam buku teks. Kelayakan bahasa mencakup penggunaan bahasa dalam buku teks. Apabila buku teks telah memenuhi semua syarat pada penilaian isi dan bahasa sebuah buku teks, maka dapat dikatakan buku teks tersebut layak digunakan untuk mendukung sebuah pembelajaran, tentunya dengan tetap memperhatikan unsurunsur kelayakan yang lain. Peneliti memilih buku teks pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII Edisi Kurikulum 2013 Revisi terbitan Yudhistira sebagai buku yang akan dianalisis. Banyak sekolah yang menggunakan buku terbitan Yudhistira sebagai buku pelajaran, dan juga penulis buku yang bukan berasal dari ranah pendidikan melainkan sarjana sastra membuat peneliti menjadikan buku ini sebagai bahan atau objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan isi dan kelayakan kebahasaan dalam buku Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII Edisi Kurikulum 2013 Revisi terbitan Yudhistira menurut standar penilaian Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII Edisi Kurikulum 2013 Revisi terbitan Yudhistira dan data yang diambil berupa isi dan bahasa yang digunakan dalam buku tersebut. Temuan penelitian menunjukkan aspek isi masih kurang baik namun dari aspek bahasa buku sudah tergolong baik. Peneliti mengungkapkan bahwa buku teks belum memenuhi syarat kelayakan isi berdasarkan pada kesesuaian uraian materi dengan KI dan KD buku ini dapat dikategorikan tidak baik, keakuratan materi yang melingkupi lima aspek keakuratan, yaitu keakuratan konsep dan definisi; keakuratan prinsip; keakuratan prosedur; keakuratan contoh, fakta dan ilustrasi; serta keakuratan soal; maka diperoleh hasil kategori kurang baik, aspek pendukung materi dikategorikan kurang baik. Namun, peneliti mengungkapkan bahwa buku teks telah cukup baik dan memenuhi syarat kelayakan bahasa. Pemakaian bahasa yang komunikatif terbagi atas dua hal, yaitu keterbacaan pesan dengan kategori baik dan ketepatan kaidah bahasa pada buku dikategorikan baik.Pemakaian Bahasa Memenuhi Syarat Keruntutan dan Keterpaduan Alur Pikir Penggunaan bahasa antarbab dan antarsubbab sudah terlihat runtut dan padu. Kemudian untuk penggunaan bahasa antarparagraf dan antarkalimat juga sudah cukup baik, sehingga setelah dilakukan telaah maka diketahui bahwa pemakaian bahasa memenuhi syarat keruntutan dan keterpaduan alur pikir dikategorikan baik. Dari penelitian ini, penulis memberi saran kepada pembaca sebagai berikut: 1) Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru sebagai bahan pertimbangan dalam menggunakan buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII Edisi Kurikulum 2013 Revisi terbitan Yudhistira ini sebagai buku penunjang dalam proses pembelajaran setelah dilakukan telaah kelayakan isi dan kebahasaan pada buku. 2) Siswa dapat memilih buku mana yang tepat sebagai buku tambahan untuk menambah materi dalam mencapai standar kompetensi. 3) Penerbit dapat menggunakan penelitian ini sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas buku yang diterbitkan agar memenuhi standar mutu kelayakan isi dan bahasa yang dapat digunakan dalam kurun waktu tertentu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku teks, bahan ajar, kelayakan isi, bahasa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2019 18:46
Last Modified: 12 Apr 2019 18:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32460

Actions (login required)

View Item View Item