KONJUNGSI DALAM TEKS PEMBELAJARAN PADA BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMP/ MTs KELAS VII EDISI REVISI 2017


Ahmad Badrudin , 2101411155 (2018) KONJUNGSI DALAM TEKS PEMBELAJARAN PADA BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMP/ MTs KELAS VII EDISI REVISI 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411155.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (18MB) | Preview

Abstract

Konjungsi memiliki tingkat permasalahan yang kompleks. Walaupun demikian, banyak pengguna bahasa tidak cermat dalam memperhatikan konjungsi. Bahkan, banyak pula yang menganggapnya sebagai masalah yang sederhana. Pada ragam bahasa tulis, konjungsi dapat ditemukan dalam berbagai buku teks pelajaran maupun buku penunjang lainnya. Salah satunya yaitu Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Salah satu komponen penting dalam buku tersebut yaitu teks pembelajaran yang menjadi basis materi pembelajaran untuk siswa. Ketepatan penggunaan konjungsi dalam teks pembelajaran pada Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017 harus diperhatikan dengan cermat supaya menghasilkan makna yang tepat. Rumusan masalah penelitian ini antara lain (1) apa saja jenis konjungsi yang digunakan dalam teks pembelajaran pada Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017?; (2) apa saja fungsi konjungsi sebagai penanda pertalian makna yang digunakan dalam teks pembelajaran pada Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017?; serta (3) bagaimana ketepatan penggunaan konjungsi dalam teks pembelajaran pada Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang digunakan yaitu kalimat atau paragraf yang mengandung konjungsi. Sumber data penelitian ini yaitu teks pembelajaran pada Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu human instrument dibantu dengan tabel instrumen analisis data. Peneliti menggunakan metode agih dalam tahap analisis data. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu teknik baca markah untuk melihat konjungsi tertentu sebagai pemarkah pertalian makna dalam sebuah kalimat atau paragraf. Teknik analisis lainnya yaitu teknik pilih unsur penentu yang digunakan untuk menentukan kalimat atau paragraf yang mengandung konjungsi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) jenis konjungsi yang terdapat dalam teks pembelajaran pada Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017 antara lain konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif, konjungsi korelatif, dan konjungsi antarkalimat; (2) penggunaan konjungsi dalam teks pembelajaran pada Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017 berfungsi sebagai penanda pertalian makna penjumlahan, pemilihan, pertentangan, kesewaktuan, pengurutan, penegasan, pembatasan, penyebaban, pengakibatan, persyaratan, tujuan, penyungguhan, pembandingan, perbandingan, penyamaan, penjelasan, atributif, optatif, alat, cara, dan penyimpulan; serta (3) ketepatan penggunaan konjungsi dalam teks pembelajaran pada Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017 sebagian besar sudah tepat, tetapi ada beberapa penggunaan konjungsi yang tidak tepat, meliputi ketidaktepatan penempatan konjungsi, ketidaktepatan pemilihan konjungsi, serta penggunaan konjungsi tidak baku pada teks bergenre nonsastra. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan guru mata pelajaran bahasa Indonesia memahami penggunaan konjungsi agar lebih mudah menyampaikan materi dan membantu dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang penggunaan konjungsi dalam teks pembelajaran bahasa Indonesia, serta melakukan penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menggunakan konjungsi. Penulis Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017 hendaknya melakukan perbaikan, pemberharuan, dan pemutakhiran Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017 sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Praktisi pendidikan hendaknya mengadakan penelitian-penelitian lanjutan mengenai penggunaan konjungsi bahasa Indonesia serta melakukan penelitian-penelitian lain yang berhubungan dengan Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konjungsi, teks pembelajaran, buku siswa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2019 18:39
Last Modified: 12 Apr 2019 18:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32459

Actions (login required)

View Item View Item