MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMA KEBON DALEM SEMARANG


Hani Dika Saputra, 4201412117 (2017) MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMA KEBON DALEM SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412117.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran quantum learning berbantuan simulasi PhET dalam meningkatan pemahaman konsep fisika siswa SMA. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dari populasi siswa kelas X SMA Kebon Dalem Semarang. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran quantum learning berbantuan simulasi PhET dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Peningkatan pemahaman konsep siswa diukur dengan pre-test dan post-test. Peningkatan pemahaman konsep dapat dilihat melalui uji gain. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai gain pemahaman konsep 0,51 termasuk kategori sedang dan lebih tinggi dari nilai gain pemahaman konsep yang diperoleh kelas kontrol yaitu 0,32 termasuk kategori sedang. Peningkatan pemahaman konsep yang diajar dengan model pembelajaran quantum learning berbantuan simulasi PhET lebih besar daripada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning berbantuan simulasi PhET dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: quantum learning, simulasi PhET, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2019 18:45
Last Modified: 12 Apr 2019 18:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32458

Actions (login required)

View Item View Item