KESIAPAN DAN PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN BREBES


Syafridatun Nikmah , 4201412114 (2017) KESIAPAN DAN PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412114.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (356kB) | Preview

Abstract

Laboratorium pembelajaran fisika memiliki peranan penting, diantaranya sebagai wahana untuk mengembangkan ketrampilan dasar mengamati atau mengukur dan keterampilan proses lainnya. Laboratorium dapat dijadikan wahana untuk membuktikan konsep atau hukum alam sehingga dapat memperjelas konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan pemanfaatan laboratorium dalam mendukung pembelajaran fisika SMA di Kabupaten Brebes. Fokus penelitian ini mengkaji lima indikator, yaitu kesiapan sarana dan prasarana laboratorium, tingkat penggunaan laboratorium, kesiapan sumber daya manusia, hubungan dengan hasil Ujian Nasional, dan faktor yang berpengaruh terhadap pemanfaatan laboratorium. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Perhitungan data hasil penelitian menggunakan teknik persentase. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa kesiapan sarana dan prasarana laboratorium diperoleh nilai persentase sebesar 77,59% menunjukkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana di laboratorium sudah baik untuk memenuhi kebutuhan praktikum. Tingkat penggunaan laboratorium tergolong cukup dengan memperoleh nilai sebesar 61,92% menunjukkan bahwa penggunaan laboratorium fisika masih belum maksimal mengingat adanya pengalihfungsian laboratorium sebagai ruang kelas di beberapa sekolah. Kesiapan sumber daya manusia tergolong baik dengan memperoleh nilai sebesar 78,78% dan memperlihatkan bahwa ketersediaan laboran sangatlah kurang. Kesiapan dan pemanfaatan laboratorium yang kurang mempengaruhi hasil belajar, ditunjukkan dengan rendahnya nilai UN fisika. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pemanfaatan laboratorium antara lain, peralatan laboratorium yang belum lengkap, ruang laboratorium yang dialihfungsikan sebagai ruang kelas, kurang tersedianya waktu untuk praktikum, dan tidak adanya laboran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa laboratorium fisika SMA di Kabupaten Brebes cukup bagus dalam mendukung pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, laboratorium, pembelajaran fisika
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2019 18:20
Last Modified: 12 Apr 2019 18:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32457

Actions (login required)

View Item View Item