KARAKTER TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SUPERNOVA: PARTIKEL KARYA DEWI LESTARI SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA


Ellan Satrio Apriyanto, 2101411141 (2018) KARAKTER TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SUPERNOVA: PARTIKEL KARYA DEWI LESTARI SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411141.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Fenomena psikologi di dalam novel Supernova: Partikel dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra dengan teori psikoanalisis Selain mengkaji fenomena psikologi, penelitian ini juga akan menggali nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel Supernova: Partikel. Nilai pendidikan karakter dalam sebuah novel sangat penting karena seorang pengarang dapat mengajarkan lebih banyak tentang sifat-sifat manusia melalui novel yang ditulisnya. Melalui sifat dan nilai yang tercermin dalam novel, akan terpupuk kepribadian atau karakter yang baik pada peserta didik. Peserta didik juga membutuhkan materi ajar yang sesuai dengan perkembangan sastra di zamannya, bersifat baru, memiliki kualitas yang baik, dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai materi ajar. Maka dari itu, penelitian ini juga akan mengkaji relevansi novel Supernova: Partikel sebagai materi ajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini, yaitu (1) bagaimana karakter tokoh-tokoh dalam novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari; (2) nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari; (3) bagaimana relevansi novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari sebagai materi ajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakter tokoh-tokoh dalam novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari; (2) menemukan nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari; (3) mendeskripsikan relevansi novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari sebagai materi ajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra yang digunakan untuk menganalisis karakter tokoh-tokoh dalam novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, simak, dan catat. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif. Ditinjau dari segi psikologi sastra, para tokoh yang terdapat dalam novel Supernova: Partikel memiliki karakter yang berbeda-beda. Melalui analisis penokohan menggunakan pendekatan psikologi sastra dengan pendalaman teori Sigmund Freud tentang unsur kepribadian (id, ego, dan superego), dapat dipahami pembentukan karakter setiap tokoh dalam novel Supernova: Partikel untuk mengambil berbagai tindakan dan keputusan yang berbeda untuk memenuhi id dalam diri mereka. Hal tersebut menjadikan setiap tokoh dalam novel Supernova: Partikel memiliki karakter yang bervariasi. Dari delapan belas nilai-nilai pendidikan karakter yang dianalisis, terdapat tiga belas nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam novel Supernova: Partikel. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, dan peduli sosial. Novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari dapat digunakan sebagai materi ajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA berdasarkan beberapa aspek yang dijadikan sebagai tolak ukur. Aspek tersebut meliputi: materi ajar harus relevan dengan tujuan pembelajaran, materi ajar harus sesuai dengan tingkat kemampuan pemahaman peserta didik, dan materi ajar harus relevan dengan pengalaman hidup peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif materi ajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini juga dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam memilih novel yang memiliki keragaman karakter tokoh dan nilai-nilai pendidikan karakter di dalamnya. Diharapkan adanya penelitian lain mengenai novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari dengan menggunakan pendekatan yang berbeda. Penelitianpenelitian yang dilaksanakan setelah penelitian ini diharapkan dapat dilakukan secara lebih mendalam dan inovatif. Penemuan-penemuan baru pun diharapkan dapat muncul untuk melengkapi dan menyempurnakan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis tokoh, nilai-nilai pendidikan karakter, psikologi sastra, relevansi materi ajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2019 20:54
Last Modified: 11 Apr 2019 20:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32453

Actions (login required)

View Item View Item