PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK PESERTA DIDIK SMP


Seto Anjar Subekti , 2101411140 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411140.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (17MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menyusun teks cerita pendek untuk peserta didik SMP memerlukan media pembelajaran sebagai alat penunjang kemudahan pembelajaran. Ketersediaan media pembelajaran baik di sekolah maupun di pasaran belum banyak diproduksi. Jika ada guru yang menggunakan media pembelajaran, media tersebut masih sebatas slide Microsoft Power Point. Selain itu, diterapkannya Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran teks yang dimaknai sebagai satuan bahasa, mengungkapkan makna secara kontekstual. Meskipun teks cerita pendek dikategorikan sebagai teks bergenre sastra, maka harus disusun sesuai struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita pendek. Namun, masih ditemukan hambatan peserta didik dalam menyusun teks cerita pendek. Hal-hal tersebut dapat diminimalisasi menggunakan media pembelajaran audiovisual yang efektif dan inovatif. Maka, penelitian ini berusaha mengembangkan media pembelajaran audiovisual untuk membantu menyusun teks cerita pendek yang dikemas dalam bentuk Adobe Flash agar menarik perhatian dan memotivasi peserta didik. Penelitian ini dirancang untuk menghasilkan media pembelajaran menyusun teks cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan media pembelajaran audiovisual menyusun teks cerita pendek berbasis Adobe Flash untuk peserta didik SMP, (2) mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran audiovisual menyusun teks cerita pendek berbasis Adobe Flash untuk peserta didik SMP, dan (3) mendeskripsikan hasil desain media pembelajaran audiovisual menyusun teks cerita pendek berbasis Adobe Flash untuk peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono (2007:297). Penelitian ini menerapkan lima langkah dari sepuluh langkah yang ada. Tahapan-tahapan tersebut antara lain: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain oleh ahli, (5) revisi desain. Data di dalam penelitian ini meliputi data kebutuhan dan data uji validasi. Kemudian, sumber data penelitian diperoleh dari peserta didik, guru, dan dosen ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan, uji validasi, dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif. Setelah penelitian dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut, (1) Kebutuhan pengembangan media pembelajaran audiovisual menyusun teks cerita pendek berbasis Adobe Flash yang mencakup aspek isi dan aspek desain penyajian. Aspek isi media pembelajaran meliputi cakupan materi, kelengkapan dan bentuk uraian materi, latihan, dan bentuk evaluasi. Sementara itu, aspek desain penyajian meliputi perwajahan sampul, pengantar dan materi ajar, daftar menu/konten, ilustrasi musik pengiring, tema teks cerita pendek, jumlah tayangan, dan durasi tayangan. (2) Prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran audiovisual menyusun teks cerita pendek berbasis Adobe Flash, yaitu stuktur isi/materi dan stuktur penyajian. Struktur isi/materi meliputi materi pembelajaran, contoh teks cerita pendek, latihan, dan evaluasi. Sedangkan, struktur penyajian meliputi bentuk media pembelajaran, penulisan, tampilan (visual), suara (audio), kegrafikaan, kemasan dan perwajahan sampul. (3) Desain media pembelajaran mendapatkan nilai dari tiga validator dengan rata-rata 88 dengan kategori sangat baik. Saran perbaikan validator meliputi sampul media pembelajaran, tampilan awal/pembukaan media pembelajaran, menu utama, tampilan isi menu, penambahan petunjuk penggunaan, warna tema, dan jenis huruf. Berdasarkan nilai dan saran perbaikan validator menyatakan bahwa media pembelajaran audiovisual menyusun teks cerita pendek berbasis Adobe Flash untuk peserta didik SMP sudah layak digunakan di dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek di sekolah. Saran penelitian ini, yaitu (1) Bagi guru hendaknya menggunakan media pembelajaran audiovisual menyusun teks cerita pendek berbasis Adobe Flash sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang digunakan di dalam pembelajaran. (2) Sebaiknya peserta didik diberikan berbagai pengetahuan tentang teks cerita pendek sebelum melakukan kegiatan menyusun teks cerita pendek. (3) Bagi peneliti lain, penelitian pengembangan ini dapat menjadi salah satu acuan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai media pembelajaran untuk kompetensi menyusun teks cerita pendek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran audiovisual, adobe flash, menyusun teks cerita pendek
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2019 20:37
Last Modified: 11 Apr 2019 20:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32452

Actions (login required)

View Item View Item