KOHESI DAN KOHERENSI TEKS EKSPOSISI DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA TINGKAT SMK KURIKULUM 2013


Niken Vania Anggraeni , 2101411136 (2018) KOHESI DAN KOHERENSI TEKS EKSPOSISI DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA TINGKAT SMK KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411136.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Sebuah teks mengandung gagasan yang disampaikan kepada pembaca. Agar gagasan dalam teks tersebut dapat tersampaikan dengan baik, diperlukan kesatuan gagasan dalam setiap paragraf, dan keterkaitan yang relevan antarparagrafnya. Oleh karena itu, diperlukan hubungan kohesi dan koherensi yang baik dalam suatu teks. Salah satu teks yang merupakan materi dalam materi pelajaran SMK adalah teks eksposisi. Teks eksposisi merupakan teks yang bertujuan untuk menjelaskan suatu permasalahan atau fenomena tertentu kepada pembaca. Teks eksposisi biasanya berkaitan dengan suatu bidang tertentu. Kohesi dan koherensi dalam teks eksposisi sangat perlu diperhatikan mengingat teks tersebut biasanya berkaitan dengan permasalahan sosial yang cenderung kompleks sehingga diperlukan pemahaman gagasan secara mendalam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) kohesi apa sajakah yang ada pada teks eksposisi dalam buku teks Bahasa Indonesia tingkat SMK Kelas X Kurikulum 2013 dan 2) koherensi apa sajakah yang ada pada teks eksposisi dalam buku teks Bahasa Indonesia tingkat SMK Kelas X Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan kohesi dan koherensi teks eksposisi dalam buku Bahasa Indonesia tingkat SMK kurikulum 2013. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah penggalan teks eksposisi. Sedangkan, sumber data dalam penelitian ini adalah teks eksposisi pada buku teks Bahasa Indonesia tingkat SMK Kurikulum 2013. Hasil dari penelitian kohesi dan koherensi teks eksposisi dalam buku teks Bahasa Indonesia tingkat SMK Kurikulum 2013 sebagai berikut: 1) kohesi yang digunakan pada teks eksposisi dalam buku teks Bahasa Indonesia tingkat SMK Kelas X Kurikulum 2013 dibagi menjadi dua, yaitu kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Kohesi gramatikal yang digunakan ada tujuh. Ketujuh kohesi gramatikal tersebut adalah pengacuan, penyulihan, pelesapan, konjungsi, inversi, pemasifan kalimat, dan nominalisasi. Kohesi leksikal yang digunakan adalah pengulangan, sinonim, kolokasi, dan antonim, dan 2) koherensi yang digunakan ada 12. Jenis dan penanda koherensi dapat diperinci sebagai berikut: hubungan sebab-akibat, akibat-sebab, alasan-tindakan, latar-simpulan, syarat-hasil, perbandingan, amplifikatif, aditif, identifikasi, generik-spesifik, spesifik-generik, argumentatif (makna alasan). Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan bagi penulis buku teks Bahasa Indonesia dalam memilih teks yang digunakan untuk contoh hendaknya memerhatikan aspek kebahasaan terutama penggunaan kohesi dan koherensi yang ada dalam teks. Sehingga penggunaan kohesi dan koherensi yang ada dalam teks lebih beragam. Selain itu, penelitian selanjutnya hendaknya dapat menggali dan mengungkapkan permasalahan dalam bidang wacana. Masih banyak aspek wacana yang dapat diteliti selain kohesi dan koherensi dalam buku teks Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kohesi, koherensi, teks eksposisi, buku teks Bahasa Indonesia tingkat SMK
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2019 20:18
Last Modified: 11 Apr 2019 20:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32451

Actions (login required)

View Item View Item