PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN TEKNIK ALIH WAHANA MELALUI MEDIA FILM INDEPENDEN (INDIE) PADA SISWA KELAS VIII F SMP N 11 SEMARANG


ANNA SOFIA YUNI A, 2101411134 (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN TEKNIK ALIH WAHANA MELALUI MEDIA FILM INDEPENDEN (INDIE) PADA SISWA KELAS VIII F SMP N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411134.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis naskah drama satu babak pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 11 Semarang masih rendah. Siswa kesulitan dalam menentukan tema, memulai dan mengakhiri tulisan, mengembangkan gagasan yang belum maksimal, serta penggunaan kaidah penulisan yang masih kurang tepat. Pengggunaan model dan media pembelajaran juga kurang menarik perhatian siswa. Selain itu, guru belum secara intensif untuk membimbing siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama. Rumusan masalah penelitian ini (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis naskah drama menggunakan teknik alih wahana dan media film indie pada siswa kelas VIII SMP N 11 Semarang, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis naskah drama menggunakan teknik alih wahana dan media film indie pada siswa kelas VIII SMP N 11 Semarang, (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP N 11 Semarang setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis naskah drama menggunakan teknik alih wahana dan media film indie. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis naskah drama menggunakan teknik alih wahana dan media film indie pada siswa kelas VIII SMP N 11 Semarang, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama menggunakan teknik alih wahana dan media film indie pada siswa kelas VIII SMP N 11 Semarang, (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP N 11 Semarang setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis naskah drama menggunakan teknik alih wahana dan media film indie. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 75,00. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 11 Semarang sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak dan teknik alih wahana mmelalui media film indie. Pengumpulan dara pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan menulis naskah drama satu babak dan teknik alih wahana melalui media film indie. Teknik nontes berupa lembar observasi, wawancara jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkattan keterampilan menulis naskah drama satu babak menggunakan teknik alih wahana melalui media film indie. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 60,09 dalam kattegori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 15,6 menjadi 75,78 dan berada dalam kategori baik. Perilaku siswa kelas VIII F SMP Negeri 11 Semarang dalam pembelajaran menulis naskah drama satu babak megalami perubahan ke arah positif. Perubahan perilaku tersebut dapat dilihat dari data nontes yang terdiri atas observasi, jurnal guru dan siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Berdasarkan data hasil nontes siklus I siswa masih kurang serius dalam menulis naskah drama, masih malu mengungkapkan pendapat dan bertanya jika ada yang belum dipahami, dan kurang percaya diri dalam mempublikasikan hasil karyanya. Pada siklus II siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Siswa menjadi serius dalam menulis naskah drama satu babak, setiap tahapan dilakukan dengan cekatan dan tepat waktu, aktif mengungkapkan pendapat dan bertanya, dan lebih percaya diri dalam menunjukkan dan mempublikasikan hasil karyanya. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama satu babak menggunakan teknik alih wahana melalui media film indie telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII F SMP Negeri 11 Semarang dan mengubah ke arah positif. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan teknik alih wahana dan media film indie dlam pembelajaran menulis naskah drama satu babak. Penerapan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis naskah drama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis naskah drama, teknik alih wahana, media film indie
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2019 20:02
Last Modified: 11 Apr 2019 20:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32450

Actions (login required)

View Item View Item