PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIIIC SMP ISLAM AL MADINA


Kukuh Aria Nusantara , 2101411129 (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIIIC SMP ISLAM AL MADINA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411129.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak berita siswa kelas VIIIC SMP Islam Al Madina tergolong rendah. Hal ini disebabkan kurangnya konsentrasi dalam proses pembelajaran menyimak, lemahnya daya tangkap siswa terhadap mendengarkan informasi berita, pembelajaran kurang menarik perhatian siswa, artikulasi dan intonasi yang digunakan dalam kegiatan menyimak kurang jelas, model pembelajaran kurang memotivasi siswa, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menyimak berita?; (2) bagaimana peningkatan keterampilan menyimak berita?; dan (3) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa dalam pembelajaran menyimak berita? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes melalui observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Islam Al Madina Kota Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) proses pembelajaran menyimak berita menggunakan model pembelajaran teams games tournament dengan media audiovisual pada siklus I dan siklus II dilakukan dengan tahapan yang sama. Peneliti melakukan perbaikan pada siklus II berdasarkan refleksi siklus I, sehingga proses pembelajaran meningkat sebesar 18,92% dari siklus I ke siklus II dari persentase siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 81,42%; (2) keterampilan siswa kelas VIIIC SMP Islam Al Madina Kota Semarang dalam menyimak berita mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran menyimak berita menggunakan model pembelajaran teams games tournament dengan media audiovisual. Peningkatan keterampilan menyimak berita menggunakan model pembelajaran teams games tournament dengan media audiovisual terlihat pada hasil tes siswa. Hasil tes keterampilan pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas 69,3 dengan kategori cukup. Pada siklus II nilai keterampilan rata-rata siswa meningkat menjadi 80,6 dengan kategori baik atau meningkat sebesar 16,3%; (3) terjadi peningkatan perubahan perilaku siswa kelas VIIIC SMP Islam Al Madina Kota Semarang setelah mengikuti pembelajaran menyimak berita menggunakan model pembelajaran teams games tournament dengan media audiovisual. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan data yang menunjukkan rata-rata perubahan perilaku kelas pada siklus I sebesar 72,9% (cukup) mengalami peningkatan menjadi 87,1 (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru mata pelajaran bahasa Indonesia menerapkan model dan memilih media pembelajaran yang tepat dan sesuai untuk mendukung tercapaianya tujuan pembelajaran. Kepala sekolah senantiasa mengontrol dan meningkatkan proses pembelajaran di sekolah dengan memberikan instruksi kepada guru untuk menggunakan fasilitas secara maksimal. Praktisi lain hendaknya melakukan penelitian lanjutan untuk melengkapi penelitian ini dengan menerapkan strategi belajar yang sesuai dalam mengatasi permasalahan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak berita, model pembelajaran teams games tournaments, media audiovisual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 11 Apr 2019 17:18
Last Modified: 11 Apr 2019 20:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32448

Actions (login required)

View Item View Item