PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FOTONOVELA BERBANTUAN AUDIO MATERI BUNYI UNTUK SISWA TUNARUNGU SMP LB/MTs LB


Ridho Adi Negoro, 4201412084 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FOTONOVELA BERBANTUAN AUDIO MATERI BUNYI UNTUK SISWA TUNARUNGU SMP LB/MTs LB. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (307kB) | Preview

Abstract

Fisika dalam pembelajarannya memerlukan analisis yang mendalam. Anak berkebutuhan khusus terutama anak tunarungu yang memiliki kekurangan dalam pendengaran memiliki masalah dalam pembelajaran Fisika terutama materi bunyi. Ketersediaan media pembelajaran untuk membantu pembelajaran Fisika bagi anak tunarungu masih sedikit. Terdapat siswa tunarungu yang masih memiliki kemampuan mendengar meskipun kecil. Kemampuan mendengar tersebut masih dapat dimanfaatkan terutama untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran fotonovela berbantuan audio materi bunyi untuk siswa tunarungu, mengetahui kelayakan, dan keefektivan produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah penelitian R & D. Tahapan penelitian ini terdiri dari Four D Model (4D) meliputi: (1) Define (definisi); (2) Design (desain); (3) Develop (pengembangan); (4) Disseminate (Desiminasi). Penelitian ini dilakukan di SLB N Semarang pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa tunarungu kelas VIII. Uji kelayakan penelitian ini meliputi uji kelayakan materi dan uji kelayakan media. Uji kelayakan materi media pembelajaran fotonovela berbantuan audio diperoleh persentase (92,33%) dengan kategori sangat layak. Uji kelayakan media meliputi uji kelayakan media pembelajaran fotonovela diperoleh persentase (75,00%) dengan kategori layak, dan uji kelayakan audio diperoleh persentase (75,00%) dengan kategori layak. Hasil uji respon praktisi ahli meliputi uji respon media pembelajaran fotonovela diperoleh persentase (100%) dengan kategori sangat baik, dan uji respon audio diperoleh persentase (97,22%) dengan kategori sangat baik. Hasil uji pemahaman materi diperoleh nilai gain sebesar (0,44) dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fotonovela berbantuan audio yang dikembangkan sangat layak dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tunarungu, sekolah luar biasa, media pembelajaran, fotonovela, audio.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:41
Last Modified: 11 Apr 2019 14:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32444

Actions (login required)

View Item View Item