STUDI EKSPLORATIF PERSEPSI GURU DAN CALON GURU FISIKA TERHADAP MATA KULIAH SEJARAH FISIKA


Risnauli Sinurat , 4201412070 (2017) STUDI EKSPLORATIF PERSEPSI GURU DAN CALON GURU FISIKA TERHADAP MATA KULIAH SEJARAH FISIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (243kB) | Preview

Abstract

Sejarah Fisika diharapkan dapat memperkenalkan etos kerja dan karakter ilmuwan kepada siswa, terutama dalam pengembangan kerja ilmiah melalui pembelajaran Fisika. Penelitian ini mengeksplorasi sejauh mana guru mengintegrasikan Sejarah Fisika, serta bagaimana calon guru akan menerapkan Sejarah Fisika di dalam pembelajaran Fisika. Penelitian deskriptif eksploratif ini untuk mendeskripsikan persepsi guru dan calon guru Fisika terhadap mata kuliah Sejarah Fisika. Responden pada penelitian ini yaitu 38 orang guru Fisika SMA dan 50 orang mahasiswa (calon guru). Seluruh responden mengisi kuesioner penelitian, lalu kuesioner dikonfirmasi menggunakan wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan calon guru mempersepsikan hakikat Sejarah Fisika adalah membahas perkembangan konsep Fisika melalui konteks sejarah yang melibatkan ilmuwan Fisika dan teknologi yang digunakan. Selain itu ada persepsi lain yang diperoleh mengenai manfaat Sejarah Fisika, bahwa Sejarah Fisika dapat membantu memudahkan proses belajar-mengajar melalui pengetahuan tentang perkembangan konsep dan biografi ilmuwan. Guru dan calon guru mempersepsikan bahwa karakter dapat dibangun melalui pengintegrasian Sejarah Fisika dalam pembelajaran Fisika dengan pengenalan tokoh-tokoh Fisika. Hasil penelitian juga menunjukkan, baru 42% guru yang sudah mengintegrasika Sejarah Fisika ke dalam pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi Eksploratif; Persepsi; Sejarah Fisika.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 Apr 2019 16:17
Last Modified: 10 Apr 2019 16:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32435

Actions (login required)

View Item View Item