PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BUKU CERITA FISIKA UNTUK MATERI ENERGI DAN DAYA LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Rizki Annisa , 4201412054 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BUKU CERITA FISIKA UNTUK MATERI ENERGI DAN DAYA LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412054.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (255kB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat membaca dan peringkat literasi membaca siswa Indonesia hasil survey PISA 2012. Faktor rendahnya minat membaca dikalangan siswa berpengaruh buruk terhadap kualitas pendidikan, serta materi fisika yang dianggap susah oleh siswa akan memperburuk kualitas pendidikan di Indonesia, oleh karena itu, peneliti terdorong untuk melakukan penelitian pengembangan buku cerita fisika untuk menumbuhkan budi pekerti, salah satunya yaitu menumbuhkan minat membaca siswa. Buku cerita merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat baca siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik, menguji kelayakan, keefektifan, dan keterbacaan buku cerita fisika.Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Produk yang dihasilkan berupa buku cerita fisika untuk materi Energi dan Daya Listrikdi Sekolah Menengah Pertama. Desain penelitian yang diadaptasi dari Sugiyono dengan 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk I, ujicoba pemakaian, revisi produk II, produksi masal. Karakteristik buku cerita yang dikembangkan sebagai berikut: (a) buku cerita disusun oleh dua unsur penyusun yang membangun yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik, (b) gaya penyajian buku cerita berbeda dengan pembuat buku cerita pada penelitian sebelumnya, (c) buku cerita disusun dengan ilustrasi yang menarik dan sederhana, (d) buku cerita dirancang dengan anatomi buku yang sesuai untuk siswa SMP. Hasil penilaian kelayakan buku cerita fisika oleh ahli media diperoleh persentase 78% dengan kriteria layak, penilaian oleh ahli materi diperoleh persentase 95% dengan kategori sangat layak. Secara keseluruhan hasil kelayakan buku cerita fisika diperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori layak. Hasil keefektifan buku cerita adalah 86% dengan kriteria tinggi. Buku cerita fisika yang telah disusun memperoleh persentase keterbacaan sebesar 62% artinya buku cerita fisika memiliki keterbacaan mudah dipahami. Berdasarkan hasil penelitian maka buku cerita ini layak digunakan sebagai suplemen media pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku cerita, minat membaca, pemahaman siswa
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:39
Last Modified: 10 Apr 2019 15:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32433

Actions (login required)

View Item View Item