PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENYUSUN TEKS EKSPOSISI BERMUATAN KONSERVASI LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VII


Ifin, 2101411073 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENYUSUN TEKS EKSPOSISI BERMUATAN KONSERVASI LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Salah satu kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII pada Kurikulum 2013 adalah menyusun teks eksposisi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Pembelajaran menyusun teks eksposisi untuk peserta didik kelas VII memerlukan bahan ajar. Permasalahannya adalah bahan ajar yang berkaitan dengan menyusun teks eksposisi belum banyak beredar dan belum memenuhi kebutuhan peserta didik. Beberapa bahan ajar hanya mengulas sebagian kecil atau bahkan dijelaskan secara tersirat dari isi buku. Oleh karena itu, perlu disusun bahan ajar yang mampu memenuhi kebutuhan perluasan pengetahuan peserta didik. Pada pembelajaran teks eksposisi tidak hanya dipelajari berdasarkan struktur fisiknya, melainkan juga dipelajari berdasarkan konteks sosialnya. Dengan melihat fungsi sosialnya, teks eksposisi dianggap cocok untuk mewadahi muatan konservasi lingkungan. Untuk itu, upaya pengembangan bahan ajar menyusun teks eksposisi bermuatan konservasi lingkungan dirasa perlu untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menyusun teks eksposisi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah kebutuhan peserta didik dan guru terhadap pengembangan bahan ajar menyusun teks eksposisi bermuatan konservasi lingkungan untuk peserta didik SMP kelas VII, (2) bagaimanakah karakteristik bahan ajar menyusun teks eksposisi bermuatan konservasi lingkungan untuk peserta didik SMP kelas VII yang dikembangkan, dan (3) bagaimanakah profil bahan ajar menyusun teks eksposisi bermuatan konservasi lingkungan untuk peserta didik SMP kelas VII yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi produk. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik, guru, dan dosen ahli. Instrumen penelitian meliputi panduan wawancara, angket kebutuhan, dan lembar uji validasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan beberapa hal, yaitu (1) analisis kebutuhan terhadap bahan ajar menyusun teks eksposisi bermuatan konservasi lingkungan untuk peserta didik kelas VII, peserta didik dan guru membutuhkan bahan ajar tersebut. Peserta didik dan guru berharap bahan ajar tersebut dibuat dengan mengembangkan kompetensi menyusun teks eksposisi berkelompok secara lisan dan menyusun teks eksposisi mandiri secara tulisan; mengandung nilai konservasi lingkungan yang disajikan pada contoh teks eksposisi; penyertaan fitur-fitur yang menarik dan dilengkapi dengan penilaian sikap; gaya penulisan menggunakan bahasa Indonesia baku; dan disusun dalam ukuran B5 dengan pewarnaan ilustrasi yang berwarna-warni; (2) prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar berdasarkan karakteristik bahan ajar meliputi prinsip kecukupan, relevansi, kemudahan, integratif, kelengkapan, kebermanfaatan, autentik, sistematis, kesesuaian, keterbacaan, kemenarikan, dan kepraktisan; (3) bahan ajar menyusun teks eksposisi bermuatan konservasi lingkungan untuk peserta didik kelas VII disusun dan dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan prinsip pengembangan bahan ajar. Prototipe bahan ajar menyusun teks eksposisi bermuatan konservasi lingkungan untuk peserta didik kelas VII meliputi aspek materi/isi, nilai yang diperoleh 85,51; pada aspek penyajian, nilai yang diperoleh 88,33; pada aspek kebahasaan, nilai yang diperoleh 90; pada aspek kegrafikaan, nilai yang diperoleh 84,54; dan pada aspek latihan dan soal, nilai yang diperoleh 85. Nilai rata-rata pada kelima aspek yaitu 86,68. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menyusun teks eksposisi bermuatan konservasi lingkungan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian di atas, peneliti merekomendasikan beberapa saran, yaitu (1) peserta didik dan guru diharapkan menggunakan bahan ajar menyusun teks eksposisi bermuatan konservasi lingkungan karena bahan ajar tersebut berkualitas baik; (2) peserta didik hendaknya dapat mengimplementasikan nilai-nilai konservasi lingkungan yang termuat dalam bahan ajar secara terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari agar nilai-nilai tersebut dapat tertanam kuat dalam diri peserta didik; dan (3) peneliti lain dapat melakukan penelitian lanjutan untuk menguji keefektifan bahan ajar menyusun teks eksposisi bermuatan konservasi lingkungan sehingga bahan ajar yang disusun dapat lebih sempurna dan dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran menyusun teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, menyusun teks eksposisi, konservasi lingkungan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:26
Last Modified: 11 Apr 2019 20:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32432

Actions (login required)

View Item View Item