PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS ASPEK PROSES DAN SIKAP SISWA SMP


Dyah Larasati , 4201412042 (2017) PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS ASPEK PROSES DAN SIKAP SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (323kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil studi PISA, kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains aspek proses dan sikap siswa yang diajar menggunakan pembelajaran project based learning berbantuan LKS lebih tinggi dibandingkan pembelajaran discovery learning serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi sains aspek proses dan sikap pada siswa SMP melalui pembelajaran project based learning berbantuan LKS. Desain yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Semarang. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil uji N-gain pretest-posttest menunjukkan adanya peningkatan rata-rata kemampuan literasi sains aspek proses pada kelas eksperimen sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Sementara itu, hasil uji N-gain terhadap hasil angket sikap awal dan akhir menunjukkan adanya peningkatan rata-rata kemampuan literasi sains aspek sikap pada kelas eksperimen sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan literasi sains aspek proses dan sikap kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Peningkatan aspek proses tertinggi yaitu menggunakan bukti ilmiah, disusul oleh menjelaskan fenomena ilmiah, dan identifikasi permasalahan/ pertanyaan ilmiah. Peningkatan aspek sikap tertinggi yaitu keyakinan diri sebagai pembelajar sains, disusul oleh tanggung jawab terhadap sumber daya dan lingkungan, ketertarikan terhadap sains, dan dukungan terhadap inkuiri ilmiah. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran project based learning berbantuan LKS dapat meningkatkan kemampuan literasi sains aspek proses dan sikap siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning; LKS; Literasi Sains; Proses; Sikap.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:24
Last Modified: 10 Apr 2019 15:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32431

Actions (login required)

View Item View Item