PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGANALISIS NASKAH DRAMA UNTUK SISWA SMA/SMK


Dyah Ayu P, 2101411031 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGANALISIS NASKAH DRAMA UNTUK SISWA SMA/SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (18MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menganalisis teks drama menjadi penting bagi peserta didik karena menganalisis merupakan pengetahuan yang harus dikuasai peserta didik. Peserta didik bisa melakukan proses apresiasi setelah dapat menganalisis suatu naskah drama dengan baik. Lebih dari itu, peserta didik juga pada akhirnya dapat mementaskan suatu naskah drama dengan baik jika sebelumnya dia telah menganalisis naskah drama dengan baik. Pemahaman peserta didik yang baik tentang suatu naskah akan menentukan proses pembelajaran selanjutnya. Menyinggung tentang pembelajaran menganalisis teks drama, tidak banyak buku pengayaan yang sesuai dengan pembelajaran yang ada di sekolah. Berdasarkan pengamatan dan observasi yang telah lakukan, buku mengenai analisis drama hanya ada satu judul. Hal ini berbeda dengan buku mengenai kegiatan apresiasi drama justru lebih banyak ada di pasaran. Berkait dengan kondisi tersebut, diperlukan buku pengayaan menganalisis teks drama bermuatan pendidikan antikorupsi yang dapat memberikan alternatif bagi pembelajaran sastra yang dilakukan pendidik dan peserta didik. Pentingnya buku pengayaan menganalisis naskah drama bermuatan pendidikan antikorupsi didasarkan pada kebutuhan guru dan siswa. Kebutuhan tersebut dapat dinilai dari beberapa hal, diantaranya kesulitan siswa untuk dapat menganalisis dan mengapresiasi pada pembelajaran mengapresiasi teks drama, sulitnya guru memberikan pemahaman kepada siswa tentang analisis teks drama, serta masih minimnya buku pengayaan mengapresiasi teks drama. Karena situasi inilah, buku pengayaan yang menunjang pembelajaran menganalisis naskah dramabermuatan pendidikan antikorupsi menjadi hal penting bagi pembelajaran sastra. Selain membantu peserta didik agar dapat memahami lebih mudah bagaimana cara menganalisis naskah drama, buku ini juga diharapkan mampu menjadi alternatif sumber yang dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi mengenai cara menganalisis naskah drama. Bahan ini berisi bahan bacaan dan cara-cara menganalisis naskah drama dengan menggunakan pendekatan dan teknik-teknik tertentu dan bermuatan pendidikan antikorupsi sehingga dapat dijadikan alternatif buku pilihan bagi siswa. Diharapkan siswa lebih paham mengenai cara menganalisis naskah drama dengan baik. Bahan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi besar dan menjadi bahan bacaan yang dapat bermanfaat bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, Reasearch and Development (R&D). Sugiyono (2010:407) merumuskan metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji kefektifan produk tersebut. Sedangkan Sukmadinata (2012:164) menyatakan bahwa penelitian dan pengembangan adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis naskah drama, buku pengayaan, ketrampilan menganalisis
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:03
Last Modified: 11 Apr 2019 20:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32428

Actions (login required)

View Item View Item