PENGARUH PENGGUNAAN WORDLESS PICTURE BOOKS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU LAB BELIA SEMARANG


Febi Fitriana , 1601414117 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN WORDLESS PICTURE BOOKS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU LAB BELIA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601414117.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Salah satu kecerdasan yang dimiliki anak yaitu kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional dimaknai sebagai kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri terhadap situasi dalam kehidupan. Kecerdasan emosional pada anak tidak dapat berkembang sendiri, perlu adanya peran serta orangtua, guru, dan masyarakat dalam meningkatkan kecerdasan emosional. Berbagai cara dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosional, salah satunya adalah menggunakan media. Media yang baik harus banyak melibatkan indera penglihatan dibandingkan dengan indera lain, misalnya media buku. Isi cerita dalam buku harus disesuaikan dengan kebiasaan perilaku baik anak, tujuannya adalah agar amanat yang disampaikan dan membantu anak menghadapi masalah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Lab Belia Semarang ditinjau dari penerapan Wordless Picture Books. Penelitian ini menggunakan bentuk Pre-eksperimental Design dengan metode pendekatan One Group Pretest- Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelompok TK B yang berusia 5-6 tahun sebanyak 30 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan skala likert Data menunjukkan adanya peningkatan nilai mean yang semula 103,30 menjadi 129,20, sehingga terjadi peningkatan skor sebesar 25,9. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Paired Sample t-Test diperoleh nilai -ttabel>thitung>ttabel, yaitu (-2,042>-16,160 atau 16,160>2,042 ) dengan nilai Sig. (2-tailed) <0,05 yang berarti terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Kesimpulan yang diperoleh adalah Ha diterima dan Ho ditolak, berarti terdapat peningkatan kecerdasan emosional melalui Wordless Picture Books pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Lab Belia. Upaya peningkatan kecerdasan emosional pada anak usia 5-6 tahun melalui media Wordless Picture Books di sekolah hendaknya dibutuhkan pendampingan yang baik sehingga proses pembelajaran yang telah direncanakan dapat berjalan dengan sesuai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Wordless Picture Books, Anak Usia 5-6 Tahun, Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:39
Last Modified: 10 Apr 2019 14:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32426

Actions (login required)

View Item View Item