EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN RENANG (GAYA BEBAS) UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK DI TK AL FURQON REMBANG


Shinta Apriliani , 1601414106 (2018) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN RENANG (GAYA BEBAS) UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK DI TK AL FURQON REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601414106.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Anak-anak usia sekolah sering kali mengalami kejenuhan saat belajar dalam kelas sehingga diperlukan kegiatan rekreasi. Permainan air adalah pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kejenuhan di dalam kelas. Permainan air tersebut yaitu renang gaya bebas. TK Al Furqon Rembang memiliki ekstrakurikuler renang wajib. TK AL Furqon Rembang sebelum memiliki ekstrakurikuler renang kurang terampil dalam motorik kasar anaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran renang (gaya bebas) terhadap pengembangan motorik kasar anak di TK Al Furqon Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan penelitian kausal expost facto. Populasi pada penelitian ini yaitu 157 anak di TK Al Furqon Rembang. Cara pengambilan sampel menggunakan purposive sample sebanyak 30 anak di TK B3 dan B4 TK Al Furqon. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan taraf signifikasi 5 % (0,05). Berdasarkan hasil uji hipotesis regresi linear sederhana dalam penelitian ini, di peroleh F tabel 0,361 dari 5% F hitung 35.493 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan adanya pengaruh variabel bebas pembelajaran renang gaya bebas anak terhadap variabel terikat yaitu pengembangan motorik kasar. Diperoleh R square yaitu 0,559 yang berarti besar pengaruh adanya pengaruh variabel bebas yaitu pembelajaran renang gaya bebas anak terhadap variabel terikat yaitu peningkatan motorik kasar sebesar 0,559 atau 55,9%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bebas pembelajaran renang (gaya bebas) sangat mempengaruhi motorik kasar anak di TK Al Furqon sebesar 55,9 % dan selebihnya dari faktor lain. Saran bagi orang tua sebaiknya lebih mendukung anak untuk mengembangkan bakat minatnya di bidang renang dengan memotivasi dan memberikan fasilitas yang diperlukan anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Renang Gaya Bebas, Pengembangan Motorik Kasar Anak
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:24
Last Modified: 10 Apr 2019 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32425

Actions (login required)

View Item View Item