KEMAMPUAN KEWIRAUSAHAAN ANAK USIA DINI BERDASARKAN PADA PENERAPAN GUSJIGANG (BAGUS, NGAJI, DAN DAGANG) DI TK ABA VI & TK ABA VIII KECAMATAN GEBOG, KABUPATEN KUDUS


Siti Noor Hidayah , 1601414097 (2018) KEMAMPUAN KEWIRAUSAHAAN ANAK USIA DINI BERDASARKAN PADA PENERAPAN GUSJIGANG (BAGUS, NGAJI, DAN DAGANG) DI TK ABA VI & TK ABA VIII KECAMATAN GEBOG, KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601414097.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Anak dilahirkan dengan potensi dan kemampuan yang dibawanya. Kemampuan-kemampuan tersebut perlu dikembangkan saat anak memasuki usia emas atau usia dini guna menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas dan dalam rangka memasuki era globalisasi yang penuh tantangan. Gusjigang sebagai falsafah budaya yang ditanamkan oleh Sunan Kudus di kota Kudus sejalan dengan etos kewirausahaan. Peneliti melihat Gusjigang (bagus, ngaji dan dagang) sebagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan anak usia dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan Kemampuan Kewirausahaan Anak Usia Dini Berdasarkan pada Penerapan GUSJIGANG (Bagus, Ngaji, dan Dagang) di TK ABA VI & TK ABA VIII Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di TK ABA VI dan TK ABA VIII Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel penelitian sebanyak 32 anak. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan kewirausahaan anak usia dini berdasarkan pada penerapan gusjigang. Data menunjukkan adanya perbedaan nilai mean dari 71,38 menjadi 90,62 sehingga terjadi peningkatan sebesar 19,24. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh bahwa nilai t hitung sebesar - 6,160 sedangkan t tabel 2,042. Hal ini menunjukkan bahwa –t hitung < -t tabel (- 6,160 < -2,042) maka hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa kemampuan kewirausahaan anak usia dini pada kelompok eksperimen berbeda dengan kelompok kontrol. Saran yang dapat direkomendasikan dalam penelitian ini adalah lembaga TK diharapkan untuk lebih memfasilitasi kebutuhan pembelajaran khususnya untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan anak usia dini, bagi guru diharapkan dapat menggunakan gusjigang sebagai salah satu kegiatan untuk meningkatan kemampuan kewirausahaan anak usia dini dan bagi peneliti selanjutnya dapat menindaklanjuti penelitian ini dengan literatur dan variasi kegiatan yang lebih menarik dan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Gusjigang, Kemampuan Kewirausahaan
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:12
Last Modified: 10 Apr 2019 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32423

Actions (login required)

View Item View Item