PENERAPAN METODE TERAPI PERILAKU PADA ANAK USIA DINI DENGAN AUTISME (STUDI DESKRIPTIF DI PUSAT LAYANAN DISABILITAS DAN PENDIDIKAN INKLUSIF KOTA SURAKARTA DAN MUTIARA CENTER KOTA SURAKARTA)


Evi Sulistyawati , 1601414095 (2018) PENERAPAN METODE TERAPI PERILAKU PADA ANAK USIA DINI DENGAN AUTISME (STUDI DESKRIPTIF DI PUSAT LAYANAN DISABILITAS DAN PENDIDIKAN INKLUSIF KOTA SURAKARTA DAN MUTIARA CENTER KOTA SURAKARTA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601414095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Salah satu ciri anak autisme adalah memiliki perilaku yang tidak biasa sampai menyakiti dirinya sendiri. Gangguan pada perilaku tersebut dapat ditangani salah satunya dengan metode terapi perilaku. Di kota Surakarta ada dua lembaga yang memberikan layanan terapi perilaku pada anak autisme. Kedua lembaga tersebut adalah Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif dan Mutiara Center Kota Surakarta. Rumusan masalah dalam penelitian ini : 1) Bagaimana penerapan metode terapi perilaku pada anak usia dini dengan autisme, 2) Bagaimana faktorfaktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode terapi perilaku pada anak usia dini dengan autisme. Penelitian ini mendeskripsikan penerapan metode terapi perilaku pada anak usia dini dengan autisme, faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam penerapan terapi perilaku pada anak usia dini dengan autisme di kedua lembaga tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bentuk studi deskriptif. Proses pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui: wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode terapi perilaku pada anak usia dini di kedua lembaga tersebut yaitu dimulai dengan pembukaan (berupa berdoa, salam, tos), pemberian materi terapi, penutup (berdoa, salam). Adapun metode terapi yang digunakan di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif menggunakan metode ABA, play therapy dan floor time, sedangkan Mutiara Center menggunakan metode campuran atau (perpaduan lovaas, compic). Faktor umum yang mendukung dan menghambat penerapan terapi perilaku di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif adalah kesadaran orang tua, intensitas terapi, obat-obatan dan diet, sedangkan di Mutiara Center Kota Surakarta adalah intensitas terapi, media terapi, kemampuan anak dan Kesadaran orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Terapi Perilaku, Autisme, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2019 13:47
Last Modified: 10 Apr 2019 13:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32421

Actions (login required)

View Item View Item