KEEFEKTIFAN ANALOGY BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA
Hitznaitindis Syifaaul Aghnia , 4201410096 (2017) KEEFEKTIFAN ANALOGY BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (513kB) | Preview |
Abstract
Inovasi dalam model pembelajaran terus dilakukan seiring dengan meningkatnya kesadaran di masayarakat bahwa kemampuan kognitif semata tidak cukup untuk menjadi bekal siswa dalam mempersiapkan masa depan. Keterampilan generik sains siswa merupakan keterampilan umum sains yang dapat dikembangkan sebagai salah satu bekal siswa di masa depan. Model pembelajaran yang melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa. Analogy based Learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan kemiripan antara materi yang dipelajari dengan sesuatu yang akrab bagi siswa. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui keefektifan Analogy based Learning terhadap peningkatan keterampilan generik sains siswa. Ada lima keterampilan generik sains yang dikembangkan melalui penelitian ini: (1) pengamatan tidak langsung, (2) bahasa simbolik, (3) hubungan sebab akibat, (4) pemodelan matematika, dan (5) membangun konsep. Penerapan model pembelajaran berbasis analogi yang mengandalkan penemuan analogi oleh siswa itu sendiri dengan dibantu oleh media interaktif. Model Analogy based Learning diharapkan dapat meningkatkan nilai keterampilan generik sains siswa. Penelitian ini adalah penelitian model Quasi Eksperimental Design dengan Pretest-Posttest untuk mengetahui keefektifan Analogy based Learning. Uji gain digunakan untuk mengetahui tingkat keefektifan Analogy based Learning dalam meningkatkan keterampilan generik sains. Hasil yang didapat setelah penelitian yaitu model Analogy based Learning efektif untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa. Nilai gain yang diperoleh setelah menggunakan Analogy based Learning berada pada kategori sedang yaitu sebesar 0,43. Keterampilan pengamatan tidak langsung memperoleh gain 0,41. Bahasa simbolik mendapatkan gain 0,40. Hubungan sebab akibat memperoleh gain 0,47. Pemodelan matematika dan membangun konsep memperoleh gain 0,46 dan 0,39. Model Analogy based Learning mendapatkan respons yang positif dari siswa. Aspek pemahaman siswa mendapatkan respons 76,04% sedangkan aspek manfaat dan minat mendapatkan respons sebesar 75,26 % dan 78,13%. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa pendidik dapat menggunakan model Analogy based Learing yang menekankan keaktifan siswa dengan berbantuan media interaktif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Generik Sains, Analogy based Learning, Listrik Dinamis, Media Interaktif |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 19:22 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 19:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32418 |
Actions (login required)
View Item |