PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA KONDUKSI KALOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BEPIKIR ANALITIS SISWA PADA TOPIK KALOR SMK KELAS XI


Suharso , 4201410055 (2017) PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA KONDUKSI KALOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BEPIKIR ANALITIS SISWA PADA TOPIK KALOR SMK KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201410055.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (527kB) | Preview

Abstract

Suharso. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning berbantuan alat peraga kunduksi kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan berpikir anaitis Siswa pada topik kalor SMK kelas XI. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Suharto Linuwih, M.Si dan Drs.Sukiswo Supeni Edie, M.Si Pembelajaran modern menekankan kepada siswa untuk memiliki kecakapan berpikir dan belajar Kecakapan yang dikembangkan diantaranya adalah kecakapan memecahkan masalah, kolaborasi, dan kecakapan menganalisis. Pendidikan modern yang lebih bersifat student-centered dan constructive learning sebaiknya segera dilakukan mulai saat ini. Pembelajaran Project Based Learning membiasakan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya melalui praktikum dari fenomena yang didapat pada kehidupan sehari hari, sehingga siswa lebih memahami konsep serta mampu menganalisis tentang fenomena yang di dapat dalam kehidupan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir Analitis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK Negeri Jawa Tengah. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas XI TKR sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian memakai Pre-test dan Post-test Group. Uji peningkatan rata-rata pemahaman konsep menunjukan bahwa nilai <g> kelompok eksperimen sebesar 0,62 dan nilai <g> kelompok kontrol yaitu 0,54, analisis ini menunjukan peningkatan rata-rata kemampuan pemahaman konsep yang lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis kemampuan berpikir analitis menunjukan kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Ratarata kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen 80,6% dan 72,5% untuk kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir analitis siswa pada pokok bahasan konduksi kalor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, kemampuan pemahaman konsep, kemampuan berpikir analitis.
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > Medical Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Apr 2019 19:02
Last Modified: 09 Apr 2019 19:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32415

Actions (login required)

View Item View Item