PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB CEMPAKA NGADIPURO DUKUN KABUPATEN MAGELANG


Dewik Retno Diwanti , 1601414090 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB CEMPAKA NGADIPURO DUKUN KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601414090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berbicara untuk anak usia dini sangat penting untuk bekalnya nanti. Pada masa ini, anak lebih mudah untuk menyerap rangsangan yang diterima dari lingkungan sekitar, oleh sebab itu kemampuan berbicara sangatlah tepat untuk distimulus sejak usia dini. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak adalah dengan metode pembelajaran yang baru dan menyenangkan. Melalui metode Student Team Achievement Division diharapkan dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun melalui metode Student Team Achievement Division di KB Cempaka Ngadipuro Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode pendekatan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa usia 3-4 tahun di KB kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Sampel yang digunakan adalah anak usia 3-4 tahun di KB Cempaka Ngadipuro Dukun Kabupaten Magelang sebanyak 30 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sample. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan skala kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun, sedangkan analisis data menggunakan metode Paired Sample t-Test dan teknik persentase. Berdasarkan hasil perhitungan statistik uji hipotesis diperoleh data uji ttest menggunakan Paired Sample t-Test pada program SPSS diperoleh nilai – t tabel > t hitung > t tabel, yaitu (-2.045 > - 5.942 atau 5.942 > 2.045), dengan nilai Sig = 0.000 atau Sig (2 Tailed) < 0.05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun di KB Cempaka Ngadipuro Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang setelah diterapkan metode Student Team Achievement Division.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode student team achievement division, kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2019 18:50
Last Modified: 09 Apr 2019 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32413

Actions (login required)

View Item View Item