PERBEDAAN KOMPETENSI GURUHALFDAY SCHOOL DAN FULLDAY SCHOOL DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DI LEMBAGA PAUD KOTA SEMARANG


Rakhmawati Octaviani , 1601414085 (2018) PERBEDAAN KOMPETENSI GURUHALFDAY SCHOOL DAN FULLDAY SCHOOL DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DI LEMBAGA PAUD KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601414085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan guru PAUD yang kurang serta perbedaan persepsi tentang implementasi pendidikan inklusi menyebabkan ketidaksiapan guru dalam menerima dan mengajar anak berkebutuhan khusus di kelas. Layanan pendidikan di lembaga PAUD terdiri dari dua layanan yaitu halfday school dan fullday school. Guru halfday school memiliki waktu yang lebih sedikit bersama dengan anak dibandingkan dengan guru fullday school. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru halfday school dan fullday school dalam implementasi pendidikan inklusi di lembaga PAUD Kota Semarang serta untuk mengetahui apakah ada perbedaan kompetensi yang dimiliki guru halfday school dan fullday school. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif studi yang bertujuan untuk mengetahui persamaan-persamaan atau perbedaan-perbedaan kompetensi guru halfday school dan fullday schooldalam implementasi pendidikan inklusi di lembaga PAUD Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada 30 guru yang terdiri dari 15 guru halfday school dan 15 guru fullday school yang mengajar anak berkebutuhan khusus di kelas mereka. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan independen sample t test dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru halfday school dan fullday school dalam implementasi pendidikan inklusi di lembaga PAUD Kota Semarang memiliki kompetensi yang tinggi, yaitu pada kompetensi guru halfday school memiliki presantase sebesar 53,33% dan pada kompetensi guru fullday school memiliki persentase sebesar 73,33%. Berdasarkan perhitungan statistik, diperoleh nilai sig-2 tailed 0,956 yang berarti nilai sig-2 tailed > 0,05 dengan hasil uji hipotesis ditolak. Hasil penelitian menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi guru halfday school dan fullday school dalam implementasi pendidikan inklusi di lembaga PAUD Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, pendidikan inklusi, halfday school dan fullday school
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2019 18:44
Last Modified: 09 Apr 2019 18:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32412

Actions (login required)

View Item View Item