PENGARUH GAME PETUALANGAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENGETAHUAN ANAK USIA 5-6 TAHUN TENTANG ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA DI TK QURROTA A’YUN 01 AISYIYAH PEKALONGAN


Hilma Syaifiani Dienna , 1601414081 (2018) PENGARUH GAME PETUALANGAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENGETAHUAN ANAK USIA 5-6 TAHUN TENTANG ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA DI TK QURROTA A’YUN 01 AISYIYAH PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601414081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan anak usia 5-6 tahun tentang alat musik tradisional Indonesia menggunakan media game petualangan. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Tahap pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan analisis potensi masalah, analisis kebutuhan, desain produk, validasi desain dan dilakukan tes kemampuan pengetahuan anak. Analisis data yang akan digunakan dalam penelitian yaitu dengan teknik Paired Sample t Test. Teknik analisis data Paired Sample t Test merupakan prosedur yang digunakan untuk membandingkan rata-rata dua variabel dalam satu grup. Hasil validasi desain menunjukan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi uji kelayakan ahli media dan dapat digunakan untuk media pengenalan alat musik tradisional Indonesia. Hasil validasi ahli media menyatakan sangat layak dengan presentase 91,67%. Hasil uji coba produk menunjukkan pengetahuan anak tentang alat musik tradisional Indonesia rata-rata presentase 46,7% dan kemampuan setelah perlakuan menggunakan media game petualangan rata-rata presentase 63,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media game petualangan lebih efektif dibandingkan tanpa menggunakan media game petualangan. Perlu diadakan penelitian uji coba lebih luas guna menyempurnakan pengenalan alat musik tradisional Indonesia yang lebih berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game, Macromedia Flash, Alat musik tradisional Indonesia
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2019 18:38
Last Modified: 09 Apr 2019 18:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32411

Actions (login required)

View Item View Item