STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SMP


M. Sirojul Mukhlasin , 4201410010 (2017) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201410010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (362kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki baik bersifat pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melibatkan para siswa dalam aktivitas yang mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan nyata. Model pembelajaran Group Investigation (GI) melatih para siswa berpartisipasi dalam sistem sosial. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui manakah antara model pembelajaran CTL dan model pembelajaran GI yang hasil belajarnya lebih baik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen yang dibatasi. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Islam YPI Buaran Pekalongan. Sampel ditentukan dengan purposive sampling yaitu dengan melakukan uji homogenitas pada dua kelas penelitian. VIII A sebagai kelas CTL dan VIII B sebagai kelas GI. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif untuk memperoleh hasil belajar siswa ranah kognitif siswa, angket digunakan untuk memperoleh hasil belajar ranah afektif siswa, dan lembar observasi digunakan untuk memperoleh hasil belajar ranah psikomotor siswa. Hasil belajar ranah kognitif kelas CTL lebih rendah dari pada kelas GI ditunjukkan dengan hasil uji t-test polled variance yang menunjukan thitung = -2,059 dan ttabel = 2,028 dengan kata lain hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL lebih rendah dari model pembelajaran GI. Hasil belajar ranah afektif siswa kelas CTL mempunyai nilai 77,65 sedangkan pada kelas GI mempunyai nilai 79,13. Hasil belajar psikomotor siswa kelas CTL sebesar 78,24 sedangkan pada kelas GI sebesar 80,71. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GI lebih baik dari pada model pembelajaran CTL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL), Group Investigation (GI)
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Apr 2019 15:57
Last Modified: 09 Apr 2019 18:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32408

Actions (login required)

View Item View Item